09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

10 Cara alami redakan sakit kepala saat hamil

KategoriKehamilan
Di lihat825 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips alami meredakan dan mencegah sakit kepala saat hamil

Perubahan hormonal menimbulkan berbagai gangguan pada awal masa kehamilan, salah satunya adalah sakit kepala. Bila sebelum kehamilan bunda termasuk orang yang sering mengalami sakit kepala, jangan terkejut bila gejala tersebut menjadi lebih terasa saat hamil. Akan tetapi, beberapa wanita justru mengalami hal sebaliknya. Mereka menemukan bahwa sakit di kepala mereka justru membaik dan menjadi lebih jarang.

Baca juga: Informasi seputar mata merah pada bayi

Penyebab sakit kepala saat hamil

Selain karena faktor hormonal, sakit kepala pada trimester awal kehamilan bisa disebabkan beberapa hal berikut ini.

  • Perubahan tekanan darah selama kehamilan.
  • Kelelahan, kelaparan, stres, kurang udara segar, dehidrasi, dan kurang olahraga.
  • Penyumbatan sinus.
  • Terkadang, penglihatan wanita hamil bisa terganggu karena adanya perubahan tekanan di sekitar mata. Hal ini juga bisa menimbulkan sakit kepala.
  • Bila wanita hamil sedang mengurangi konsumsi kafein, terkadang muncul efek samping berupa sakit kepala.

Sakit kepala juga bisa terjadi pada masa-masa akhir kehamilan, namun hal ini lebih jarang terjadi. Sakit kepala pada masa akhir kehamilan bisa merupakan gejala tekanan darah tinggi. Bila hal ini terjadi, pastikan dokter atau bidan yang merawat kesehatan bunda selama hamil mengetahuinya.

Mencegah dan mengatasi sakit kepala saat hamil

1. Salah satu hal yang bisa menyebabkan atau memperburuk sakit kepala pada masa kehamilan adalah kelelahan. Karena itu, kurangi kegiatan selama masa kehamilan, bila perlu ambillah cuti bila merasa butuh istirahat. Mintalah bantuan keluarga atau orang lain untuk mengerjakan tugas-tugas rumah atau mengasuh si kakak.

2. Sediakan waktu untuk melakukan relaksasi dan memperoleh udara segar sejenak. Bunda bisa mencoba berenang, berjalan-jalan santai, tai chi, atau yoga.

3. Makanlah dengan teratur, mungkin dalam porsi-porsi kecil namun sering. Makan dalam porsi-porsi kecil akan lebih mudah dilakukan dibanding makan 3 kali dalam porsi besar bila kita sedang mual atau sakit kepala. Menjaga asupan kalori sangat penting untuk menjaga level gula darah dan mencegah sakit kepala semakin menjadi-jadi.

Baca juga: 3 Penyebab gangguan telinga akut pada anak

4. Makanlah camilan sehat di antara waktu makan, misalnya sereal atau buah kering. Hal ini membantu menjaga asupan kalori tetap baik.

5. Jaga asupan cairan selama kehamilan. Minum paling tidak 8 gelas sehari dan kurangi minuman berkafein dan beralkohol karena ia bersifat diuretik (merangsang peningkatan produksi urin).

6. Bila bunda memiliki masalah penyumbatan sinus, kurangi konsumsi produk susu (misalnya susu, yogurth, dan keju) karena bisa merangsang produksi mukus dan memperburuk gangguan tersebut.

7. Ketika sakit kepala menyerang, berjalan-jalanlah sejenak untuk memperoleh udara segar. Hal ini biasanya akan membantu mengurangi sakit kepala. Bila belum berhasil, beristirahatlah sejenak atau tidur.

8. Mongkompres bagian yang sakit dengan handuk yang dibasahi air hangat bisa membantu meredakan sakit kepala.

Baca juga: Tips menangani gigitan binatang pada si kecil

9. Pijat kepala dengan gerakan seperti keramas dapat memperlancar peredaran darah di kepala dan mengurangi sakit kepala.

10. Minyak aromatherapy, seperti lavender atau peppermint dipercaya dapat membantu masalah sakit kepala. Teteskan sedikit pada sapu tangan supaya bunda bisa menghirup aromanya atau oleskan pada kedua belah pelipis untuk mengurangi sakit kapala.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru