09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

13 Tips oke untuk bunda agar si kecil aman saat berada di dapur

KategoriParenting
Di lihat200 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Menghindari resiko keracunan dan tersedak di dapur

Si kecil dapat mengalami kecelakaan di dalam rumah dan biasanya tempat yang paling beresiko bagi mereka adalah dapur bunda. Jenis kecelakaan yang sangat mungkin terjadi di area dapur diantaranya adalah jatuh atau terpeleset, menyentuh benda panas, keracunan, tersedak, atau luka iris. Oleh sebab itu, jika si kecil berada di dapur, pastikan mereka mendapat pengawasan penuh dari ayah bunda.

Posisikan benda-benda yang berpotensi menimbulkan bahaya di tempat yang tidak bisa dijangkau si kecil. Berikut adalah beberapa tips yang bisa ayah bunda pertimbangkan untuk melindungi si kecil ketika berada di dapur.

Menghindari resiko terpeleset atau jatuh

1. Upayakan lantai dapur selalu kering dan bersih. Jika terjadi tumpahan minyak atau adonan kue di lantai, segera bersihkan sampai kering.

2. Peralatan masak seperti penggiling adonan bisa membuat si kecil terpeleset ketika secara tidak sengaja menginjaknya. Pastikan semua barang pada tempatnya, terutama saat si kecil sedang berkeliaran di sekitar dapur.

3. Jangan menempatkan batita di kursi tinggi saat di dapur. Pertimbangka untuk membeli alas lantai anti slip dan waspada dengan kabel listrik atau kabel dari peralatan masak karena berpotensi membuat si kecil tersandung.

Menghindari resiko terbakar

4. Waspada dengan kehadiran si kecil jika bunda sedang menyalakan kompor atau oven di dapur. Benda-benda seperti oven atau panci panas berpotensi menimbulkan luka bakar jika si kecil memegangnya. Jika bunda sedang sibuk masak, lebih aman jika meminta anggota keluarga lain untuk mengawasi si kecil diruangan lain.

5. Ajari si kecil untuk tidak menyentuh kompor atau benda-benda panas lainya, hindari memposisikan pegangan panci panas di tempat yang bisa dijangkau balita bunda. Awasi sekeliling saat bunda membuka pintu oven panas.

6. Jangan gunakan taplak meja saat diatasnya ada termos atau panci berisi air panas karena bisa ditarik si kecil dan mengakibatkan benda panas menimpanya. Jangan membiasakan anak balita bermain dengan panci karena mereka belum faham bagaimana menangani panci yang sedang digunakan diatas kompor.

7. Hati-hati ketika menyajikan masakan atau minuman panas. Cek terlebih dahulu suhunya sebelum diberikan pada si buah hati. Makanan berbentuk bubur agak lambat dingin, pastikan bunda menempatkan masakan panas di tempat yang tidak bisa dijangkau si kecil.

Menghindari resiko keracunan dan tersedak

8. Letakan bahan-bahan masakan seperti soda kue, merica bubuk, pewarna makanan, termasuk bahan lainya jauh dari jangkuan anak. Anak usia 1-2 tahun biasa memasukan benda-benda yang ditemuinya kedalam mulut mereka.

9. Pastikan lantai terbebas dari benda-benda kecil seperti biji kacang, popcorn, buah-buahan kecil, dan benda lain yang berpotensi menyebabkan balita bunda tersedak.

10. Jika bunda menyimpan bahan kimia seperti pemutih, pembersih lantai, obat nyamuk, kapur barus, atau kapur semut, pastikan bunda menyimpan dalam lemari terkunci yang tidak bisa diakses si buah hati.

Tips tambahan agar dapur aman bagi si kecil

11. Pastikan bunda menempatkan benda-benda tajam seperti gunting, pisau, garpu jauh dari jangkauan anak. Pertimbangkan untuk mengunci lemari pendingin saat si kecil sudah bisa membukanya.

12. Jika bunda ingin mengajak si kecil terlibat di dapur untuk masak. Pastikan bunda memilihkan peralatan masak yang akan ia gunakan, bantu untuk mengerjakan pekerjaan yang melibatkan pisau atau benda tajam lainya.

13. Ajari mereka untuk bertindak aman di dapur sedini mungkin sehingga mereka tau mana yang boleh dan mana yang tidak boleh saat mereka bereksperimen di dapur bersama bunda.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru