09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

3 Cara jitu mengatasi sembelit pada anak balita tanpa obat kimia

KategoriKesehatan
Di lihat1631 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Penyebab konstipasi pada anak balita

Menurut situs Wikipedia, konstipasi atau dikenal juga dengan istilah sembelit adalah gangguan pada sistem pencernaan dimana terjadi pengerasan tinja sehingga sulit untuk dikeluarkan. Kondisi gangguan pencernaan ini juga dapat disertai dengan rasa sakit pada daerah perut. Sebagaimana halnya orang dewasa, si kecil pun dapat mengalami sembelit.

Konstipasi pada anak balita dapat terjadi selama beberapa hari, minggu, bahkan selama beberapa bulan. Kondisi gangguan pencernaan ini dapat pula disertai dengan keram perut, namun terkadang tidak disertai dengan gejala yang jelas sehingga tidak teridentifikasi dalam waktu yang cukup lama.

(Baca juga: 5 Jenis penyakit yang paling umum menyerang balita)

Penyebab konstipasi pada anak balita

Pada umumnya sembelit pada pada ana balita dapat disebabkan oleh pola makan yang kurang tepat. Beberapa penyebab utamanya adalah:

  1. Kurang minum
  2. Kurang mendapat asupan makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sereal
  3. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan rendah gizi (junk foods)
  4. Genetis atau turunan dari orang tua
  5. Tidak rutin buang air besar (BAB) misalnya karena sering menahan BAB saat latihan BAB di toilet. Sebagian anak mengalami ketakutan ketika masuk kamar mandi sehingga cenderung menahan BAB dalam waktu lama sehingga dapat menyebabkan penumpukan dan pengerasan tinja didalam perut.

Beberapa kondisi medis yang disertai dengan diare, muntah, atau demam yang mengakibatkan berkurangnya cairan tubuh dapat pula mengakibatkan kostipasi pada si kecil. Penggunaan beberapa jenis obat dari kelompok morpin, meski sangat jarang, dapat menjadi pemicu terjadinya serangan sembelit.

Cara mengatasi sembelit pada anak balita

Sebagian besar kasus sembelit pada balita dapat disembuhkan dengan merubah pola makan dan gaya hidup. Penanganan ganguan pencernaan ini dapat memakan waktu yang cukup lama, oleh karenanya kesabaran ayah bunda dan komitmen dari anggota keluarga lain untuk mendukung proses penyembuhan si kecil menjadi sangat penting. Berikut adalah tiga cara meredakan gejala sembelit si buah hati.

1. Berikan si kecil cairan yang cukup terutama air putih. Menurut situs BabyCenter, anak usia 1-3 tahun memerlukan cairan sekitar 1,3 liter perhari.

2. Pastikan si kecil mendapatkan buah-buahan dan sayuran setiap harinya. Beberapa buah dan sayur yang direkomendasikan ahli utuk meredakan gejala sembelit adalah apel, buah pir, aprikot, kurma, pepaya, brokoli, kubis, kacang polong, selada, dan kembang kol. Konsumsi pula makanan tinggi kandungan serat lainya seperti seral, dan roti gandum utuh.

(Baca juga: 3 Resep jus buah & sayur penambah berat badan)

3. Hindari makanan yang dapat memicu sembelit. Beberapa jenis makanan berserat rendah dipercaya dapat memicu terjadinya sembelit, termasuk diantaranya adalah nasi putih, keripik kentang, biskuit, serta terlalu banyak mengkonsumsi produk olahan susu tanpa disertai konsumsi serat yang cukup juga dapat menyebabkan sembelit.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru