09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

3 Jenis makanan dan minuman pemicu gigi keropos pada balita

KategoriKesehatan
Di lihat2821 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

jenis makanan pemicu gigi berlubang

Seperti halnya bagi Ayah Bunda, fungsi gigi juga sangat vital bagi si buah hati. Meski gigi mereka masih berstatus gigi susu dan akan tanggal sesuai usia perkembanganya, tetap harus dijaga karena jika gigi susu tidak dirawat dengan baik maka dapat menyebabkan struktur gigi permanen yang tidak bagus. Gigi susu yang rusak juga dapat menyebabkan si kecil kesulitan mengkonsumsi makanan dan berujung pada gangguan gizi.

Baca juga: 5 Jenis makanan dengan Omega-3 tinggi

Lapisan email yang terdapat pada gigi susu lebih tipis sehingga cenderung lebih rentan keropos atau berlubang. Oleh karenanya merawat gigi susu si kecil tidak boleh disepelekan. Si kecil karus dibiasakan menggosok gigi secara teratur setiap hari. Mengurangi jenis makanan dan minuman yang berpotensi merusak gigi si kecil adalah upaya tambahan untuk menjaga kondisi gigi mereka.

Gula dan karbohidrat sederhana yang terdapat dalam berbagai makanan dan minuman diketahui dapat memicu produksi zat asam oleh bakteri dalam mulut si kecil, lebih lanjut zat asam tersebut akan mengikis lapisan email gigi dan meyebabkan gigi keropos dan berlubang. Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman penyebab keropos pada gigi si kecil cara mengatasinya.

Baca juga: 8 Tips mengatasi anak susah makan

1. Jus dalam dot. Minum jus buah dalam dot dapat memicu gigi keropos atau berlubang. Saat jus diminum sedikit demi sedikit, kontak dengan gigi semakin lama dan itu memicu bakteri dalam mulut untuk menghasilkan zat asam. Hal ini juga berlaku untuk susu formula yang diminum lewat dot. Untuk menghindari resiko gigi keropos, hindari minum jus menggunakan dot serta biasakan berkumur putih setelah minum jus. Untuk mengurangi kadar gula, tambahkan sedikit air putih kedalam jus tersebut.

2. Nasi dan roti. Mungkin ini agak sulit karena nasi adalah makanan pokok kita. Nasi dari beras putih dan roti mengandung karbohidrat sederhana yang akan dipecah menjadi gula saat masuk mulut. Lagi-lagi gula akan menjadi makanan bakteri dan sebagai akibatnya produksi zat asam dalam mulut meningkat. Itulah sebabnya beberapa ahli merekomendasikan kita (termasuk si kecil) untuk menggosok gigi setelah makan. Meski tak se-efektif menggosok gigi, berkumur dengan air putih dipercaya dapat sedikit menurunkan kadar gula dalam mulut. Rekomendasi lainnya adalah pilihlah jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks misalnya beras merah.

Baca juga: 7 Tips cerdas memilih makanan sehat untuk balita

3. Permen dan snack crackers. Permen jelas mengandung gula tinggi karena hampir semua bahan permen dibuat dari gula. Snack crackers banyak mengandung jenis karbohidrat sederhana yang mudah berubah menjadi gula saat masuk mulut. Untuk menghindari resiko gigi berlubang, batasi konsumsi permen serta ganti cemilan si kecil dengan snack berbahan gandum utuh.

Meski agak ribet, menjaga kondisi gigi susu balita bunda sangat penting mengingat kesehatan gigi susu akan berdampak pada kesehatan dan kesempurnaan gigi yang tumbuh berikutnya akan bertahan hingga si kecil dewasa.

img source: Buble and sweet

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru