09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

3 Jenis makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi

KategoriBayi
Di lihat3148 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

hindari 3 kelompok makanan berikut ini dari daftar menu si bayi

Selain karena tidak cocok dengan pencernaan mereka yang masih berkembang, beberapa jenis makanan sebaiknya tidak diberikan pada si kecil karena berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan jangka panjang. Makanan dengan label junk food ini biasanya memiliki ciri tinggi kalori, tinggi dalam kandungan gula, dan garam, serta memiliki kandungan zat gizi yang rendah.

Baca juga: Manfaat ajaib menyusui bagi bunda

Dampak negatif junk food akan lebih mudah nampak saat dikonsumsi oleh bayi atau anak-anak dibandingkan orang dewasa. Karakteristik bayi memang mereka tidak perlu makanan tinggi kalori namun membutuhkan makanan tinggi nutrisi.

Sayangnya jenis makanan yang tinggi kalori ini cenderung disukai karena umumnya memiliki rasa yang gurih dan manis, oleh karena itu sangat penting bagi ayah bunda untuk menjaga agar tidak ada makanan berlabel junk food dalam menu harian si buah hari.

Sebagai panduan singkat, berikut adalah beberapa makanan yang memenuhi kriteria sebagai junk food karena rendah zat gizi namun tinggi dalam hal kalori, gula, dan garam.

Hindari junk food dari daftar menu bayi

1. Jus dalam kemasan

Memang betul jus bisa berasal dari buah dan buah-buahan bagus untuk si kecil, namun bunda harus waspada dengan kandungan lain yang terdapat pada jus dalam kemasan, yaitu gula dan pengawet. Jus yang dijual dipasaran umumnya juga minim akan kandungan serat sehingga tidak bisa menggantikan peran buah dan sayuran segar dalam menu harian mereka.

Baca juga: Tips jika bayi suka mengigit puting

Menurut seorang pakar nutrisi dari Amerika Serikat yang juga pengarang buku ‘What Do I Feed My Baby: A Step-by-Step Guide to Solids’, Leanne Cooper, kandungan gula yang tinggi dalam jus dapat mempercepat proses pencernaan si kecil sehingga tubuh tidak cukup waktu untuk menyerap semua nutrisi yang terkandung didalamnya.

2. Minuman bersoda

Ini sangat jelas karena minuman bersoda memang dibuat bukan untuk bayi dan anak-anak. Jenis minuman ini umumnya mengandung kadar gula yang tinggi dengan tanpa kandungan nutrisi sama sekali. Kadar gula yang tinggi dapat merusak gigi susu si kecil. Meski gigi susu akan digantikan dengan gigi permanen, ayah bunda tetap harus menjaga kesehatannya karena kesempurnaan gigi permanen si kecil ditentukan oleh kesehatan gigi susunya.

Baca juga: 7 Panduan nutrisi khusus bunda menyusui

3. Crackers

Termasuk didalamnya chiki, atau apapun namanya. Biasanya jenis cemilan ini mengandung kadar garam dan penyedap rasa dalam kadar yang cukup tinggi. Si kecil mungkin akan menyukai jenis makanan ini karena rasanya yang gurih, namun ayah bunda patut waspada, jika si mungil sudah terbiasa dengan rasa gurih dari penyedap rasa, mereka cenderung akan menolak makanan sehat yang tidak gurih. Kandungan

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru