09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

3 Jenis permainan kreatif buatan ayah bunda untuk si buah hati

KategoriParenting
Di lihat1055 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Mainan kreatif yang bisa dilakukan ayah bunda dengan si kecil

Anak balita khususnya usia tiga tahun keatas senang bereksperimen dan mengenal hal yang baru. Dengan memberikan berbagai permainan edukatif, berarti ayah bunda telah memberikan kesempatan agar si kecil dapat mengembangkan kreativitas, daya imajinasi, komunikasi, serta koordinasi antara otak, mata, dan tangan mereka.

Saat usia mereka menginjak tiga tahun, kemampuan kognitf, motorik, dan sosial mereka telah jauh berkembang, mereka mampu memegang pensil, kuas, dan gunting dengan baik. Selain untuk mengawasi, ikut terlibat dalam permainan-permainan mereka juga dapat membangun ikatan emosional antara ayah bunda dan si kecil.

Mainan kreatif yang bisa dilakukan ayah bunda dengan si kecil

1. Membuat kolase.

Kolase adalah seni menempel berbagai benda seperti kertas, daun kering, biji-bijian, plastik, kain, termasuk batu dan logam kedalam sebuah frame sehingga menghasilkan karya seni baru. Jenis permainan ini bagus untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berekspresi, mengenal warna, bentuk, dan tekstur benda. Aktifitas menggunting dan menempel juga dapat mempertajam skil koordinasi mata dan gerak tangan mereka.

Sebelum memulai pembuatan kolase, pastikan ayah bunda memilih bahan dan peralatan termasuk gunting dan lem yang aman bagi si kecil. Gunakan barang-barang disekitar rumah seperti kertas, kain, daun dan biji-bijian kering sebagai bahan. Ajari terlebih dahulu cara menggunting dan menempel, kemudian biarkan mereka berekspresi dibawah pengawasan ayah bunda.

2. Kotak dan tas

Anak-anak senang bermain kotak dan tas, manfaatkan kegemaranya untuk menciptakan jenis mainan baru bagi mereka. Pandu ia untuk berkreasi dengan barang-barang tersebut. Sebelum mulai bermain, pastikan semua barang yang digunakan si kecil aman untuk mereka.

Dengan memanfaatkan kantong kertas bekas, ayah bunda dapat membuat boneka tangan. Pilih kantong kertas kecil kemudian berikan gambar mata dan mulut. Lubangi dengan gunting untuk hidung atau telinganya. Masukan kedalam tangan si kecil agar dia menggunakan jarinya sebagai hidung atau telinga si boneka tas kertas yang dibuatnya.

Ambil kardus yang cukup besar, lubagi bagian bawah untuk tempat kaki si kecil, hias kotak kardus menjadi bentuk mobil atau pesawat. Biarkan si kecil berimajinasi menjadi pilot atau supir bus. Alternatiflainya, jika si kecil sudah bisa menggunakan lem, biarkan dia menggunakan kotak-kotan bekas makanan dan lem untuk membuat figur atau karakter kesukaanya.

3. Mainan adonan (playdough)

Jika mainan plastisin harus dibeli dengan harga yang biasanya cukup mahal, mainan adonan sejenis plastisin buatan ayah bunda dapat dibuat dengan bahan yang murah dan tak kalah mengasyikan bagi si kecil. Manfaatkan bahan-bahan di dapur untuk membuat mainan adonan sendiri.

Untuk membuat mainan adonan, campurkan 300 gr tepung terigu, 325 gr garam, 2 sendok teh soda kue, tambahkan 2 sendok minyak goreng, dan 600 ml air ke dalam sebuah panci. Tambahkan pewarna makanan untuk memberikan warna pada adonan. Setelah semuanya tercampur merata, panaskan diatas kompor sambil terus diaduk sampai mengental dan keras. Dinginkan adonan sebelum di mainkan si kecil. Agar lebih menarik, buat beberapa variasi warna.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru