09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

3 Komponen ‘ajaib’ dalam ASI untuk kecerdasan anak

KategoriNutrisi
Di lihat1958 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

4 kandungan ajaib dalam air susu ibu untuk pertumbuhan otak si buah hati

Memang tidak ada jaminan, si kecil yang mendapat ASI ekslusif akan selalu rangking satu ketika kelak mereka sekolah, namun beberapa penelitian mengungkap, secara statistik bayi-bayi yang mendapatkan air susu ibu lebih cerdas saat mereka mulai tumbuh besar dibanding mereka yang tidak mendapatkan ASI.

Menurut situs askdrsears.com, anak-anak yang mendapat asupan air susu ibu dikala mereka masih bayi, rata-rata memiliki IQ tujuh sampai sepuluh poin lebih tinggi dibanding dengan anak-anak yang mengkonsumsi susu formula. Temuan hasil penelitian ini merekomendasikan cara mudah dan murah untuk meningkatkan kecerdasan satu generasi yaitu dengan cara membiasakan pemberian air susu ibu kepada bayi-bayinya yang baru lahir.

Baca juga: Macam gangguan kesehatan akibat jamur pada anak

Penelitian-penelitian tersebut juga mengungkap perihal hubungan antara lama menyusui dengan tingkat kecerdasan anak. Para peneliti mengatakan, semakin lama si kecill disusui, semakin tinggi kemampuan intelektualnya.

Terlepas dari faktor genetik kecerdasan orang tua dan interaksi emosional yang intens saat proses penyusui, para ilmuwan telah mengungkap adanya komponen dalam air susu ibu yang berperan dalam mengoptimalkan pertumbuhan otak si buah hati, dan kita tau bahwa organ otak sangat erat dengan tingkat kecerdasan si buah hati.

Bahan ‘ajaib’ dalam air susu ibu

1. DHA. Komponen ini sering diasosiasikan dengan tingkat kecerdasan anak. DHA (docasahexaenoic acid) adalah salah satu bentuk asam lemak omega-3 yang berperan vital dalam pertumbuhan dan perkembangan jaringan pada organ otak. Penelitian mengungkap bahwa dalam otak mereka yang mendapatkan ASI ekslusif memiliki kadar DHA yang lebih tinggi dibanding mereka yang mengkonsumsi susu formula, dan kadar DHA dalam otak berbanding lurus dengan lamanya menyusui si kecil.

Baca juga: 5 Tanda radang tenggorokan pada anak

2. Kolesterol. Komponen lain yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal si kecil adalah kolesterol. Bagi orang dewasa, makanan dengan label ‘rendah kolesterol’ dinilai lebih sehat untuk dikonsumsi, namun tidak bagi si mungil. Mereka membutuhkan komponen kolesterol dalam jumlah tertentu yang diperlukan dalam pembentukan jaringan syaraf yang salah satunya terdapat pada otak mereka.

3. Laktosa. Laktosa adalah satu varian gula yang menjadi komponen gula utama dalam air susu ibu. Didalam tubuh si kecil, laktosa anak dipecah menjadi 2 molekul yang lebih sederhana yaitu glukosa dan galaktosa. Galaktosa diketahui berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak. Susu sapi termasuk susu formula berbahan dasar susu sapi juga mengandung laktosa, namun tidak setinggi pada ASI.

Kenapa menyusui bayi selama 2 tahun?

Menurut situs askdrsears.com, selama 2 tahun pertama setelah kelahiran, pertumbuhan otak si buah hati perkembang dengan sangat pesat. Sel-sel otak yang dikenal dengan sebutan neuron membelah dan memperbanyak diri dalam kecepatan yang menakjubkan, mereka membentuk koneksi antara satu dengan yang lainya. Dalam tahap ini otak mereka memerlukan pasokan DHA, kolesterol, dan laktosa dalam jumlah optimal dan asupan ASI dapat mencukupinya. Inilah yang menjadikan sebagian ahli merekomendasikan si kecil untuk disusui hingga usia 2 tahun.

Tips nutrisi bagi ibu menyusui

Kualitas air susu ibu yang diberikan pada si kecil, bergantung pada kualitas asupan nutrisi ibu menyusui, oleh karenanya memastikan agar ibu menyusui mendapat nutrisi yang cukup dan berimbang, sama pentingnya dengan proses pemberian ASI itu sendiri.

Baca juga: Mata merah dan belekan pada bayi

Pastikan ibu menyusui mengkonsumsi makanan yang kaya dengan DHA seperti ikan salmon dan tuna, untuk memaksimalkan kandungan DHA dalam ASI, disamping untuk kesehatan tubuh ibu menyusui sendiri. Selain makanan yang kaya dengan unsur DHA, ibu menyusui juga harus mengkonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dalam jumlah cukup.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru