09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Aktifitas bermain ini pasti membuat si kecil lupa waktu

KategoriKreativitas
Di lihat1446 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Cara membuat gelembung sabun

Si kecil suka bermain sambil belajar, bagi mereka menghabiskan waktu sambil bermain ibarat rutinitas bekerja bagi ayah bunda. Aktifitas bermain yang positif dapat mengasah kemampuan fisik, psikis, dan intelegensi-nya. Melewatkan hari tanpa aktifitas bermain akan membuat mereka BT dan ujung-ujungnya jadi rewel.

Membuat si buah hati hepi sepanjang hari sebenarnya tidak sulit, ada banyak alternatif permainan dan kegiatan yang dapat ayah bunda lakukan untuk mereka. Hebatnya, ada banyak kegiatan bermain yang tidak memerlukan biaya mahal dan dapat dilakukan dirumah dan sekitarnya. Berikut adalah empat alternatif kegiatan untuk mengisi waku bermain dan belajar si buah hati.

1. Bermain gelembung

Si kecil suka gelembung sabun, apa lagi yang bisa menghasilkan banyak gelembung. Berikan permainan gelembung sabun pasti si kecil lupa waktu, asik bermain meniup dan mengejar balon-balon sabun yang berterbangan di udara. Permainan gelembung bisa di beli di toko mainan anak atau ayah bunda dapat membuatnya. Caranya gampang kok, berikut adalah beberapa resep gelembung sabun:

Baca juga: 3 Tips agar balita bunda tumbuh cerdas

Resep selembung sabun #1

Campurkan ½ bagian sabun cair atau detergen, 5 bagian air, dan 1 bagian glyserin. Aduk perlahan agar tidak berbuih. Setelah semuanya larut, campuran siap digunakan.

Resep gelembung sabun #2

Remas-remas 3-4 genggam daun kangkung, atau daun pucuk kapuk, atau daun kembang sepatu dalam satu liter air sampai keluar ekstraknya kemudian saring, tambahkan 5 sendok sabun cair, aduk perlahan agar tidak berbuih. Diamkan semalam agar busa hilang dan larutan sabun pun siap untuk dimainkan. Jika gelembung tidak terbentuk atau sedikit, tambahkan sabun, jika gelembung terlalu mudah pecah, tambahkan ekstrak daun lagi.

2. Bermain playdough

Mainan yang menyerupai adonan roti dengan warna-warni menarik, pasti membuat di kecil bermain lupa waktu. Pakar perkembangan anak sepakat, media bermain playdough dapat merangsang kreatifitas dan daya imajinasi si buah hati. Dengan bantuan ayah bunda, mereka bisa membuat apa saja yang mereka inginkan, dari miniatur kapal terbang sampai model hewan favorit si kecil, semua bisa buat menggunakan bahan mainan ini.

Mainan playdough dijual di pasaran dengan beragam merek dan harga, berita baiknya ayah bunda dapat membuat alat bermain ini dirumah dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat. Untuk resep pembuatan playdough ayah bunda dapat mengunjungi link dibawah.

Baca juga: Cara membuat playdough tanpa dimasak

3. Bermain kolam pasir

Jangan takut kotor, sekali-kali biarkan si kecil bermain dengan pasir. Lebih bagus jika menggunakan pasir pantai atau pasir khusus yang telah disaring agar terbebas dari benda-benda tajam. Bermain pasir dapat membuat si kecil menjadi lebih rileks dan gembira. Dengan sedikit dana dan kreatifitas, ayah bunda dapat membuat kotak pasir dari bahan kayu kemudian di isi dengan pasir.

gambar kotak pasir untuk permainan anak

4. Melukis dan mewarnai

Berikan si kecil krayon dan selembar kertas kosong, dan mereka pun akan menuangkan imajinasi mereka kedalam lembaran kertas. Meski hasil gambarnya tak berbentuk, mereka akan senang mengkombinasikan warna-warna yang mereka sukai dikertas kosong. Alternatif lainya ayah bunda dapat memberikan si kecil cat warna dan selembar kertas karton kosong. Biarkan mereka menggambar dan mewarnai dengan tangan mereka. Sedikit kotor dan berantakan, itu pasti, tapi semuanya sebanding dengan kegembiraan si kecil yang tergambar dalam raut wajahnya.

Untuk aktifitas bermain cat ini, pastikan ayah bunda membeli cat yang aman untuk si buah hati ya. Sebagai alternatif, ayah bunda dapat membuat cat yang aman untuk si kecil juga lho. Untuk membuat cat yang aman digunakan si balita tercinta, ayah bunda dapat mengunjungi link dibawah.

Baca juga: Cara membuat cat lukis yang aman bagi si kecil

img source: http://greenproducts.info/shop/index.php?main_page=index&cPath=5

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru