09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Hal yang membuat si kecil susah makan

KategoriParenting
Di lihat1563 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

agar si kecil tak susah makan

Terkadang bunda pasti bunda menghadapi si kecil suka pilih-pilih makanan. Kadang ia mau jenis makanan tertentu, namun tiba-tiba ia menolak saat diberi dilain waktu tanpa ada alasan yang jelas. Meskipun begitu, adalah tugas para orang tua untuk memastikan si buah hati mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Untuk mengatasi si kecil yang suka pilih-pilih makanan, para orang tua harus memahami penyebabnya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa sebab si kecil suka pilih-pilih makanan dan trik yang layak dicoba untuk mengatasinya.

Baca juga: Inilah 5 jenis makanan untuk kekuatan gigi balita

1. Jenis makanan tidak sesuai dengan selera si kecil

Beberapa jenis makanan bisa jadi tidak cocok dilidah si kecil karena menurut mereka rasanya tidak pas. Sementara itu, jenis makanan lain mungkin menjadi ‘favorit’ disaat mereka makan dan hal ini sangatlah alami. Penjelasan sederhananya, manusia didesain untuk menyukai makanan yang manis dibanding yang pahit.

Hal ini karena rasa manis identik dengan ‘kebaikan’ (misalnya rasa manis pada ASI) dan rasa pahit identik dengan racun. Berbeda dengan orang dewasa yang pada cenderung tidak terlalu mempermasalahkan rasa makanan, lidah si kecil sangat peka terhadap rasa yang enak dan tidak enak baginya.

Mungkin bunda akan membutuhkan 10 hingga 15 kali penyajian hingga si kecil mau makan makanan yang baru baginya. Karena itu, jangan menyerah dan terus sajikan makanan tersebut. Namun, jangan memaksa si kecil memakannya. Teruslah mencari peluang untuk menyajikan makanan yang akan disukai si kecil. Salah satu yang dapat dicoba adalah mengganti-ganti cara menyajikan suatu makanan.

Baca juga: Tips membersihkan telinga dalam si buah hati

2. Si kecil belum lapar

Setelah tahun pertama, umumnya selera makan si kecil akan sedikit menurun. Bunda tidak perlu takut si kecil tidak mengasup cukup nutrisi selama pertumbuhannya masih normal. Sebagai strateginya, bunda dapat menyajikan makanan bergizi seperti sayuran di awal waktu makan dan menyimpan menu yang disukainya untuk dimakan terakhir. Teorinya, bila mereka cukup lapar ketika waktu makan, mereka akan makan apapun yang disajikan, termasuk makanan kaya nutrisi yang mungkin tidak terlalu disukainya.

3. Suasana makan terlalu kaku

Sebuah penelitian di Loughborough University membuktikan bahwa makan bersama dalam suasana penuh kekeluargaan dapat mengurangi kerewelan si kecil terhadap makanan. Jadi, meskipun terkadang tidak mudah untuk mengumpulkan anak-anak di meja makan, hal ini layak dicoba. Tumbuhkan ketertarikan si kecil untuk makan bersama dengan membuat acara makan yang menyenangkan. Perhatikan pula waktu penyajian makanan, usahakan waktu makan malam tidak terlalu larut, misalnya pukul 18.00 sampai 18.30. Makan malam setelah waktu tersebut mungkin tidak efektif karena anak-anak mungkin mulai mengantuk.

Baca juga: 6 Langkah agar si kecil suka makan sayur

4. Menu yang disajikan membosankan

Suatu penelitian membuktikan bahwa anak-anak menyukai jenis makanan termasuk sajian sayur dan buah yang dikemas menarik secara visual. Selain itu, ayah bunda dapat memberi nama yang menarik bagi makanan yang disajikan untuk meningkatkan selera makan. Ajak pula si kecil untuk terlibat dalam pemilihan menu dan penyiapan makanan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru