09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Jenis gerakan olah raga untuk ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat784 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

jenis olah raga yang direkomendasikan untuk ibu hamil

Berolah raga selama masa kehamilan direkomendasikan oleh para ahli. Selain agar tubuh ibu hamil tetap bugar, olahraga rutin dapat mencegah konstipasi selama masa kehamilan serta bagus untuk melancarkan peredaran darah. Jika bunda baru pertama hamil, bunda dapat mengikuti senam hamil yang biasa diselenggarakan oleh rumah sakit atau klinik bersalin di kota bunda.

Baca juga: Panduan makanan pendamping ASI bayi

Jangan terburu-buru

Sebagai pemula, bunda yang sedang hamil dapat meluangkan waktu sekitar 10 menit setiap hari untuk senam atau berolahraga ringan lainya. Setelah mulai terbiasa bunda dapat menambah intensitas waktu berolahraga hingga 30 menit dalam satu hari. Imbangi olahraga dengan asupan nutrisi yang cukup dan lengkap. Ingat, ibu hamil rata-rata memerlukan 300 kalori lebih banyak dibanding bunda yang tidak hamil.

Agar lebih nyaman, saat berolah raga kenakan jenis pakaian yang mudah meyerap keringat dan melindungi kulit bunda dari terik matahari, jika aktivitas dilakukan di luar ruangan. Siapkan selalu cukup air minum untuk menggantikan kehilangan cairan selama berolah raga.

Alternatif olahraga ringan untuk ibu hamil

1. Jalan kaki. Jenis olah raga ini sangat direkomendasikan ahli bagi ibu hamil karena aman, mudah dilakukan, serta bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung bunda.

Baca juga: 5 Jenis makanan terbaik untuk bayi diatas 6 bulan

2. Berenang. Aktivitas berenang adalah salah satu olah raga yang juga direkomendasikan oleh ahli kesehatan bagi ibu hamil, karena saat berenang hampir seluruh bagian tubuh termasuk otot persendian digerakan.

3. Yoga. Gerakan gerakan yoga ada yang dikhususkan untuk ibu hamil. Bunda dapat mencari tempat yoga yang menawarkan senam yoga kehamilan di sekitar tempat tinggal bunda.

4. Senam hamil. Gerakan-gerakan pada senam hamil telah dedesain aman dilakukan ibu hamil. Bunda dapat mengikuti kelas senam hamil sepekan sekali atau lebih. Beberapa gerakan aerobik khusus ibu hamil juga bisa dilakukan.

Aktivitas yang harus dihindari ibu hamil

Kegiatan beresiko tinggi seperti menyelam, atau olah raga dengan gerakan-gerakan yang berpotensi menimbulkan jatuh seperti berkuda, sangat tidak direkomendasikan bagi ibu hamil. Aktivitas lain seperti bersepeda, masih bisa dilakukan namun harus dilakukan dengan hati-hati. Olah raga lain yang melibatkan gerakan ekstrim seperti berlari, sit-up, atau gerakan lain yang melibatkan aktivitas berbaring sangat tidak disarankan karena dapat menurunkan aliran darah ke bagian uterus.

Saat bunda beraktifitas pantau kondisi tubuh,apakah bunda merasakan adanya tetidak normalan? Jika bunda mengalami gejala-gejala seperti disampaikan dibawah saat berolah raga, segera temui dokter atau bidan.

Baca juga: Tips melatih kekuatan otot leher bayi

  • Merasa pusing atau melayang
  • Merasa otot lemas
  • Sakit kepala
  • Nyeri dibagian dada
  • Nyeri dibagian betis atau betis mengalami pembengkakan
  • Mengalami pendarahan di daerah kewanitaan
  • Merasakan adanya kontraksi
  • Keluar cairan dari daerah kewanitaan
  • Berkurangnya frekwensi gerak si janin
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru