09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Jenis olahraga untuk membakar lemak pasca-persalinan

KategoriKebugaran
Di lihat1254 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah empat jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh para ibu setelah mereka melahirkan

Berat badan bayi terbentuk dalam waktu yang lama, yaitu sekitar 9 bulan. Karena itu, untuk menormalkan berat badan bunda juga dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Idealnya, para ibu yang baru melahirkan membutuhkan waktu minimal 9 bulan untuk mengembalikan berat dan bentuk tubuh selepas persalinan. Jadi, santai saja bunda, dan terus lakukan berbagai aktivitas fisik untuk mendukung program penurunan berat badan pasca-persalinan.

Jangan memaksa diri terlalu keras, karena malah bisa membuat kita jenuh dan akhirnya kehilangan semangat. Pilihlah kegiatan fisik yang menyenangkan tapi efektif menyingkirkan timbunan lemak. Berikut adalah beberapa jenis kegiatan yang efektif dan menyenangkan bagi bunda pada masa pasca-persalinan.

Baca juga: 4 Perlengkapan wajib saat menyambut kelahiran bayi

Olahraga tepat setelah persalinan

1. Berjalan santai

Berjalan-jalan adalah salah satu kegiatan ringan yang bisa membakar lemak. Lakukan aktivitas yang mengharuskan kita berjalan kaki, misalnya mengunjungi pasar minggu, museum, atau taman bermain. Selain itu, lakukan jalan-jalan santai selama 10 menit setiap pagi. Tidak perlu ke tempat yang jauh, cukup ke seputaran kompleks. Kegiatan ini bisa membangkitkan semangat untuk berolahraga dan memperlancar sirkulasi darah sehingga bunda akan melewati hari dengan lebih semangat.

Perhatikan juga posisi badan ketika berjalan, karena ini bisa mempengaruhi pembakaran lemak. Bila kita berjalan-jalan sambil mengajak si kecil di stroller, biasanya badan kita cenderung membungkuk. Ini adalah posisi tubuh yang sebaiknya dihindari.

Baca juga: 3 Jenis makanan terlarang untuk bayi

2. Yoga dan pilates

Yoga dan pilates adalah kegiatan fisik yang efektif membakar lemak disamping juga dapat mengurangi kejenuhan. Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memutuskan mengambil kelas yoga atau pilates. Bila tidak ada komplikasi, biasanya ibu yang melahirkan normal dapat memulai latihan ini setelah 6 minggu, sedangkan ibu yang menjalani operasi caesar perlu menunggu hingga 10 minggu.

Pilates dapat melatih otot perut, pinggul, bokong, punggung bawah dan dasar panggul. Bagian-bagian tubuh tersebut adalah bagian yang banyak terpengaruh selama kehamilan. Yoga membantu bunda melatih pernafasan dan memiliki efek menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

3. Menari

Hanya punya sedikit waktu untuk berolah raga? Putar saja musik yang enerjik kemudian menarilah selama 10 menit. Kita juga bisa melakukannya sambil bermain dengan si kecil. Menari bagus untuk melatih otot kaki. Lakukan juga gerakan yang mengharuskan bunda merendahkan tubuh hingga selevel dengan si kecil karena ini merupakan latihan yang bagus untuk otot paha.

Baca juga: 6 Hal penyebab sakit perut bayi

4. Beladiri

Pada beberapa bulan awal setelah melahirkan, kita memang belum boleh melakukan olahraga berat seperti beladiri. Akan tetapi, setelah beberapa waktu, kita bisa melakukan olahraga yang sedikit keras, asalkan dengan ijin dokter. Latihan beladiri memberi kita petualangan sekaligus membuat kita banyak mengeluarkan keringat. Gerakan beladiri sangat efektif membakar lemak. Yang terpenting, tetap melakukan latihan beladiri dengan pengawasan dokter. Disamping itu, lakukan olahraga ini dengan santai tanpa memaksakan diri supaya tidak menimbulkan cedera yang malah berakibat fatal.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru