09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Kegiatan sederhana untuk menstimulasi otak bayi

KategoriBayi
Di lihat2045 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

4 jenis permainan untuk melatih kecerdasan anak bayi

Bayi yang tumbuh sehat dan ceria adalah dambaan setiap orang tua. Namun, ayah dan bunda pastinya juga ingin si kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas. Usia bayi dan balita, terutama 3 tahun pertama kehidupan mereka adalah masa yang penting bagi perkembangan kecerdasannya.

Diperiode tersebut pertumbuhan otak manusia mencapai 70% hingga 80%. Karenanya, masa-masa ini sebaiknya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang dapat menstimulasi otak si kecil. Tak perlu mencari yang rumit, berikut adalah beberapa kegiatan sederhana yang bisa dilakukan ayah bunda bersama si kecil untuk merangsang perkembangan kecerdasan mereka.

Baca juga: Manfaat madu yang bunda perlu tau

Kegiatan untuk merangsang kecerdasan si kecil

1. Bermain dengan gembira.

Jika ingin si kecil menjadi pembelajar yang bersemangat dan antusias, bantulah ia untuk meningkatkan kadar dopamine di otaknya. Dopamine adalah hormon yang berperan penting dalam kinerja otak. Caranya, perbanyaknya aktifitas bermain bersama yang membuat anda harus merendahkan posisi tubuh ke levelnya, misalnya bermain di lantai atau tempat tidur. Selain itu, berikan komentar-komentar yang menimbulkan semangat tiap kali si kecil berhasil melakukan sesutu.

Komentar-komentar positif semacam ini membuat si kecil lebih gembira dan bersemangat melakukan dan mempelajari hal baru. Sebaliknya, bila ayah dan bunda diam saja atau bahkan tidak mendukung aktivitasnya, mereka cenderung akan menyerah dan itu bisa menurunkan kadar dopamine di otaknya secara signifikan. Kadar dopamine yang cukup terbukti meningkatkan daya tahan si kecil terhadap depresi di masa depan.

2. Bermain yang melibatkan gerak fisik.

Permainan yang melibatkan gerak fisik dapat mengembangkan fungsi kognitif atau kecerdasan mereka. Kegiatan semacam ini dapat membantu menprogram lobus frontal, yaitu bagian pada otak yang berperan dalam konsentrasi dan perhatian, serta merangsang pertumbuhan hippocampus yang merupakan sistem memori di otak. Kegiatan yang bisa dilakukan misalnya memutar musik sambil mengajak si kecil menari dan menggerak-gerakkan badan, permainan tatap wajah seperti cilukba, atau mengangkat si kecil dengan posisi seperti pesawat terbang di atas kepala ayah atau bunda.

Baca juga: 5 Makanan untuk kekuatan gigi si buah hati

3. Kegiatan bermain bersama.

Bila mungkin lakukan permainan-permainan bersama si buah hati sesering mungkin daripada membiarkannya bermain sendiri dengan mainan-mainannya. Lakukan juga kegiatan sensoris yang merangsang seperti permainan mencari kotak harta karun. Atau, sekedar isi bak mandi dengan air hangat dan sabun, dan bermainlah dengan gelembung sabun bersama si kecil di dalamnya. Interaksi dengan orang lain adalah cara paling efektif bagi bayi untuk belajar. Bila si kecil memiliki mainan baru, beri ia waktu untuk mengekspolasinya sendirian sebelum ayah dan bunda melibatkan diri untuk bermain bersama.

4. Membaca cerita bersama.

Para ahli setuju bahwa tidak ada istilah terlalu dini untuk membaca bersama si buah hati. Membaca bersama sejak dini bisa mengembangkan sejumlah keterampilan, termasuk menambah kosakata, meningkatkan kecerdasan emosional, dan membangun empati. Membaca bersama-sama juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak, mengurangi agresi, dan kecemasan.

Baca juga: Waspadai cacingan pada anak

Bagaimana cara membaca yang efektif? Selama membaca, berilah nama pada setiap emosi yang terjadi pada setiap karakter. Hal ini membantu si kecil melihat berbagaiu emosi dari perspektif orang lain. Misalnya, bila hewan di buku cerita tampak senang, sebutkan nama perasaannya, kemudian tersenyumlah pada si kecil.

Setelah melakukan kegiatan-kegiatan dan permainan tersebut, sediakan waktu untuk beristirahat, dan istirahat yang terbaik adalah tidur. Ketika tidur, otak si buah hati memproses segala hal yang telah dipelajari ke dalam memori jangka panjang.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru