09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Kelebihan air susu ibu dibanding susu formula

KategoriMenyusui
Di lihat3257 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Inilah kelebihan asi yang tidak dimiliki oleh susu formula

Dalam setiap tetes air susu ibu terkandung ratusan komponen yang tidak terdapat dalam susu formula jenis apapun. Setiap tahun-nya, para peneliti menemukan komponen baru dalam ASI yang terbukti bermanfaat bagi pertumbuhan optimal si buah hati. Semua komponen nutrisi dalam air susu ibu belum mampu diciptakan manusia, dan inilah salah satu yang membuat ASI tidak bisa disandingkan dengan susu formula yang umumnya terbuat dari susu sapi. Berikut adalah kelebihan air susu ibu dibanding susu formula.

Baca juga: Mengatasi sembelit pada anak

Kelebihan air susu ibu

1. Melindungi si kecil dari infeksi

Menurut studi yang pernah dilakukan, anak yang mendapatkan ASI ekslusif lebih tahan terhadap serangan infeksi pernafasan dan saluran pencernaan dibanding dengan mereka yang tidak mendapatkan ASI. Para ilmuwan mengungkap kandungan zat antibodi dalam air susu ibu mampu melindungi tubuh bayi dari beberapa jenis virus penyebab infeksi saluran pernafasan.

Saat si bayi menginjak usia 2-3 bulan, daya tahan tubuh mereka berada pada kondisi terlemah dan rentan terkena serangan penyakit sehingga pemberian ASI ekslusif mampu melindungi tubuh mereka. Bayi yang baru lahir masih mendapatkan perlindungan dari antibodi ibunya saat mereka masih berada dalam rahim.

Setelah usia mereka 3 bulan, tubuh si kecil akan mulai memproduksi antibody meski belum maksimal. Mereka yang mendapatkan ASI ekslusif akan mendapatkan pasokan antibodi yang akan memperkuat daya tahan tubuh mereka dari sumber penyakit.

Baca juga: Tips mengatasi mimisan pada anak

2. ASI mendukung pertumbuhan optimal otak

Telah bertahun-tahun, para peneliti menduga kandungan nutrisi dalam air susu ibu mampu mendukung tumbuh kembang otak si kecil yang merupakan modal penting dalam proses pembelajaran. Kandungan asam linoleat dan taurin diduga mampu mengoptimalkan perkembangan otak bayi. Komponen lain yang terbukti berperan dalam pertumbuhan sistem syaraf si buah hati adalaj DHA, salah satu varian dari asam lemak omega-3, yang dibutuhkan dalam pembentukan komponen sel syaraf.

3. Bebas alergen

Disamping mampu menurunkan resiko infeksi saluran pernafasan akibat serangan virus, air susu ibu juga terbebas dari zat yang dapat menimbulkan reaksi alergi. Berbeda dengan susu formula, dimana sebagian komponennya mungkin memicu reaksi alergi bagi beberapa anak. Reaksi alergi tersebut dapat dikenal dengan munculnya gejala seperti hidung tersumbat, produksi lender berlebih, serta munculnya kulit kemerahan.

Ketika secara tidak sengaja ASI masuk kedalam organ pernafasan si mungil, misalnya paru-paru, air susu ibu tidak akan memicu mengiritasi organ pernafasan si kecil. Hal ini berbeda dengan susu formula yang berpotensi memicu reaksi alergi karena dianggap sebagai unsur asing yang harus disingkirkan.

Baca juga: Mengendalikan demam anak secara alami

4. Membantu tidur bayi

Bagi si bayi, selain mengenyangkan, air susu ibu mampu membuat si kecil menjadi rileks. Kombinasi dari nutrisi dalam ASI serta aktivitas menghisap saat menyusu dipercaya dapat membuat mereka merasa nyaman dan terlindungi. Kondisi ini dapat membuat mereka lebih cepat lelap.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru