09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Langkah mencegah gigi keropos pada anak balita

KategoriKesehatan
Di lihat7317 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

4 langkah agar gigi si kecil bebas keropos

Gigi keropos termasuk berlubang dapat terjadi dengan mudah pada anak balita mengingat gigi susu yang mereka miliki memiliki lapisan email yang lebih tipis dibanding orang dewasa, apalagi jika perawatan gigi si kecil sedikit terabaikan.

Saat gigi mereka mulai keropos atau berlubang, sederet kondisi termasuk sakit gigi, bau mulut, dan tampilan gigi yang kurang cantik mulai mengintai si buah hati. Ayah bunda yang tidak ingin gigi si kecilnya rusak, harus mengenalkan perawatan dan membersihkan gigi dengan benar sedini mungkin. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kerusakan gigi susu si kecil akibat keropos atau berlubang.

Baca juga: Tips seputar flu pada balita

1. Rawat gigi sebelum mereka tumbuh

Ternyata perawatan gigi si kecil bisa dimulai sebelum gigi mereka tumbuh, caranya adalah dengan menjaga kebersihan gusi secara rutin minimal saat mereka mandi. Gunakan kain lembut dan basah untuk mengusap permukaan gusi mereka. Selain itu, sangat bijak untuk membatasi konsumsi gula saat si kecil mulai mengkonsumsi makanan semi padat.

Hindari pemberian jus dan minuman manis lainya menggunakan botol susu karena dapat memperbesar peluang gigi keropos. Minuman yang di hisap lewat dot tidak langsung habis dan memberbesar peluang gula untuk kontak dengan gigi si kecil. Kurangi konsumsi permen, dan biasakan berkumur air putih setelah makan permen.

2. Sikat gigi secara teratur

Membiasakan si kecil gosok gigi secara teratur terkadang butuh komitmen dan kesabaran ayah bunda, namun saat mereka sudah terbiasa, hasilnya akan sepadan. Gigi mereka akan kuat, sehat, dan indah. Biasakan mereka menggosok gigi minimal dua kali saat pagi dan saat menjelang tidur.

Baca juga: Tips agar si kecil tidur nyeyak

Gunakan sikat lembut dan pasta gigi khusus anak agar mereka tidak menolak. Berikan contoh yang baik dari ayah bunda dalam hal merawat kebersihan gigi. Berkumur dengan air putih setelah makan dapat meminimalisir kontak sisa makanan terutama gula yang menjadi si tertuduh penyebab gigi si buah hati keropos.

3. Konsumsi makanan sehat

Beberapa jenis makanan yang kaya akan unsur kalsium dan fosfor dapat mendukung pembentukan gigi yang sehat dan kuat. Termasuk dalam kelompok makanan tersebut adalah keju, sayuran, yogurt, buah-buahan segar, ikan, daging, dan telur. Selain kaya akan vitamin, sayuran dan buah buahan segar jika dikonsumsi langsung dapat mengurangi pembentukan plaq atau karang gigi.

4. Kunjungan rutin ke dokter gigi

Baca juga: Makanan sumber zar besi untuk si kecil

Sertakan si kecil saat ayah bunda berkunjung ke dokter gigi, sekaligus untuk memastikan gigi mereka tidak berlubang. Kenalkan mereka dengan pentingnya perawatan gigi agar saat menjelang remaja mereka terbiasa.

Saat ayah bunda mendampingi si kecil gosok gigi, amati kondisi gigi mereka. Gigi yang mulai keropos dapat di identifikasi dengan munculnya noda keputihan dibagian pangkal gigi yang dekat dengan gusi. Angkat bibir bawah dan atas si kecil utuk mengamati, jika noda keputihan tersebut tidak hilang setelah menggosok gigi, maka itu adalah gejala awal gigi keropos pada balita ayah bunda.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru