09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Langkah mudah agar bayi lelap sepanjang malam

KategoriPrilaku
Di lihat1632 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bayi susah tidur malam

Bayi yang baru lahir memiliki ritme tidur yang berbeda dari orang dewasa. Menurut para ahli tumbuh kembang anak, bayi yang baru lahir belum bisa membedakan siang dan malam, jadi kalo mau tidur atau bangun ya suka-sukanya dia he..he..

Terkadang menjadi masalah cukup berat bagi Ayah Bunda untuk mengikuti ritme tidur sikecil karena si bayi bisa tertidur disiang hari dan mengajak bermain pada saat dini hari. Jika Ayah Bunda merasa berat karena harus sering begadang semalaman sementara esoknya ahrus masuk kantor,  jangan galau dulu Bunda ya dengan sedikit upaya, bisa kok si kecil tidur semalaman.

Sebenarnya secara alamiah, pola tidur sikecil akan menjadi normal seiring dengan berjalanya waktu, tapi dengan beberpa tips sederhana, Bunda dapat mendorong agar sikecil lebih cepat beradaptasi dengan pola tidur normal. Bayi yang baru lahir biasanya memerlukan 16 jam untuk tidur dalam sehari semalam dengan 3-4 jam per sesi.

Pada saat usia si kecil menginjak 3 bulan, tidur malam si kecil biasanya dapat mencapai 5 jam persesi dan pada usia 6 bulan, tidur saat malam dapat menghabiskan waktu antara sembilan sampai 12 jam. Meski sebelumnya pola tidur sikecil tidak teratur, membiasakan jadwal tidur secara bertahap dapat membantu membiasakan konsistensi jadwal tidurnya.

Tips untuk membentuk ritme tidur sikecil

1. Perbanyak aktifitas disiang hari. Pada saat sikecil terbangun disiang hari, perbanyak aktifitas yang melibatkan sikecil. Mengajak bermain, berbicara, bernyanyi si kecil diantara waktu tidur siangnya akan menstimulasi tidur malam yang lebih panjang. Tentu hal ini harus dilakukan secara proporsional, mengurangi tidur siang sikecil secara drastis juga tidak baik. Lakukan secara bertahap dan pelan-pelan.

2. Biasakan tidur dengan jadwal yang konsisten. Jika sudah masuk jadwal tidur tapi sikecil masih ngajak bermain, stimulasi dia dengan nyanyian, ayunan, atau pemberikan ASI untuk mempercepat waktu tidurnya. Situasi kamar yang nyaman dan sedikit temaram biasanya akan membantu mempercepat sikecil tertidur.

3. Jika sikecil terbangun malam hari karena lapar, berikan ASI dan kondisikan ruangan dengan lampu yang temaram, kondisikan agar gerakan dan suara bunda tetap lembut. Semua kondisi tersebut secara tidak langsung akan mengajari sikecil bahwa sekarang waktunya tidur, bukan bermain.

4. Sebelum sikecil memiliki konsistensi waktu tidur, Ayah bunda juga harus sedikit membiasakan rutinitas pribadi. Ketidak teraturan jadwal tidur sibayi yang baru lahir adalah suatu yang alami dan tidak bisa dipaksa berubah dalam waktu yang singkat, sehingga penyesuaian rutinitas Ayah Bunda juga harus dilakukan.

Demikian beberapa tips sederhana untuk mensinkronkan jadwal tidur sikecil. Perlu difahami bahwa yang lebih penting dari proses ini bukan hanya membiasakan rutinitas tidur sikecil saja, melainkan Ayah Bunda harus berkomunikasi dengan cara memahami bahasa dan kebiasaan sikecil sehingga Ayah Bunda dapat membantu sikecil tidur lebih baik.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru