09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Makanan yang dianjurkan agar si kecil tidur lebih pulas

KategoriNutrisi
Di lihat1395 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

makanan kaya omega 3

Tidur yang cukup amatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan balita. Sebagaimana orang dewasa, tubuh balita membutuhkan istirahat. Bahkan, sebagian besar balita membutuhkan tidur yang lebih banyak daripada orang dewasa (sekitar 10 hingga 13 jam setiap harinya).

Ketika tidur, otak balita memperoleh kesempatan untuk memproses informasi ke dalam memorinya. Maka, tak menghenrankan bila anak yang tidur cukup perkembangan intelegensi dan mentalnya lebih sempurna daripada yang kurang tidur.

Baca juga: 6 Tips agar si kecil suka makan sayur

Kurang tidur biasanya ditandai dengan gejala balita mengantuk di siang hari, sulit memusatkan perhatian, hiperaktif, memori yang lemah, moody, dan sering mengalami tantrum atau ledakan kemarahan.

Makanan agar si buah hati tidur nyenyak

Semua orang tua pasti ingin putra putrinya memperoleh tidur cukup tanpa hambatan berarti. Uniknya, ternyata kebiasaan tidur balita juga dipengaruhi oleh makanan. Berikut adalah 4 jenis makanan yang berpengaruh positif terhadap kebiasaan tidur balita sebagaimana dilansir oleh www. woolworthsbabyandtoddlerclub.com.au.

1. Asam lemak omega-3. Perbanyak konsumsi asam lemak omega-3 supaya si kecil lebih mudah terlelap. Asam lemak omega-3 banyak terdapat dalam ikan berlemak (misalnya salmon dan tuna), kacang, alpukat, biji-bijian, dan minyal sayur.

2. Masukkan hidangan berprotein tinggi pda menu makan malam si kecil. Protein dalam menu makan malam membantu si kecil tidur nyenyak karena ia dapat menstabilkan level gula darah dan mencegah mereka terbangun di tengah tidurnya.

3. Zinc merupakan salah satu zat yang berpengaruh kepada kebiasaan tidur balita. Balita yang kurang mendapat asupan zinc biasanya lebih sulit untuk tidur dengan nyenyak. Zinc banyak terdapat dalam wijen, biji bunga matahari, daging domba, dan daging sapi.

Baca juga: Tips agar si kecil terbiasa tidur siang

4. Magnesium adalah zat yang bisa membantu balita tidur nyenyak karena efeknya yang dapat merilekskan otot. Untuk itu, perbanyak konsumsi sayur mayur berdaun hijau yang banyak mengandung mineral ini. Selain itu, bunda juga bisa mengajak si kecil mandi dengan garam epsom (magnesium sulfat) dan dua tetes minyak lavender. Dijamin, si kecil akan lebih mudah tertidur pulas.

Makanan yang harus dikurangi agar si kecil nyenyak

Selain memperbanyak 4 jenis zat makanan di atas, bunda juga perlu mengurangi asupan 4 makanan berikut untuk membantu si kecil tidur nyenyak.

1. Jus buah. Jus buah yang dijual di pasaran banyak mengandung gula fruktosa. Gula alami ini dapat menimbulkan lonjakan energi pada tubuh sehingga membuat si kecil susah tidur.

2. Pewarna dan pengawet buatan pada makanan. Penelitian telah menemukan hubungan antara zat pewarna dan pengawet buatan pada makanan dengan anak yang hiperaktif. Bahkan, ditemukan bahwa balita berusia 3 tahun lebih sensitif terhadap pengaruh zat-zat tersebut.

3. Terlalu banyak garam mempengaruhi kebiasaan tidur balita karena membuat mereka mudah terbangun di tengah malam. Para ahli menganjurkan pembatasan konsumsi garam bagi balita, yaitu maksimum 250mg setiap harinya.

Baca juga: Waspada! Dampak negatif smartphone bagi si kecil

4. Buah-buahan kering. Buah-buahan kering memang merupakan salah satu alternatif camilan sehat. Akan tetapi, makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena banyak mengandung gula, garam, dan pengawet buatan. Sebagai alternatif, cobalah membuat sendiri buah-buahan kering di rumah supaya bunda bisa mengontrol kandungan gula, garam, dan pengawetnya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru