09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Masalah perut yang sering terjadi pada bayi

KategoriBayi
Di lihat4064 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah beberapa gangguan perut pada bayi termasuk diantaranya adalah sembelit, gas dalam perut, gumoh, dan muntah.

Masalah perut pada bayi memang mengganggu sehingga dapat membuat mereka merasa tidak nyaman. Terkadang gangguan kesehatan yang mereka alami membuatnya menangis serta dapat mengganggu pola tidur dan makan mereka. Berikut adalah 4 jenis masalah perut pada bayi yang paling umum terjadi.

1. Gas di perut

Belum ada penjelasan yang pasti mengenai mengapa bayi begitu rentan terhadap gas. Udara bisa masuk ke dalam perut si kecil dan terjebak di dalamnya. Selain itu gas juga dihasilkan oleh bakteri di dalam usus bayi. Jumlah gas di dalam perut bisa meningkat ketika si kecil rewel, menangis, atau karena mengkonsumsi susu formula. Gas di dalam perut menimbulkan tekanan dan menimbulkan rasa sakit. Gangguan ini biasanya mencapai puncaknya ketika si kecil berusia 6 hingga 8 minggu.

Baca juga: Tips meredakan balita yang sedang marah

Tanda-tanda gangguan ini biasanya adalah perut yang tampak menggembung, bayi membengkokkan punggungnya atau menggeliat-geliat karena merasa tidak nyaman. Si kecil mungkin juga rewel dan menangis.

Rasa sakit tersebut tidak akan hilang sebelum gas keluar dari perut. Untuk itu, gerakkan kedua kaki bayi seperti mengayuh sepeda ke depan dan ke belakang dan gerakkan lututnya ke arah perut. Ini bisa membantu bayi untuk buang gas sehingga sakit di perutnya akan berkurang.

2. Gumoh

Gumoh atau reflux disebabkan oleh sistem pencernaan bayi yang masih belum sempurna. Makanan mudah sekali keluar kembali melalui mulut bila si kecil makan terlalu banyak atau terlalu cepat. Gumoh tidak berbahaya selama tidak ada tanda-tanda lain seperti batuk, tersedak, tampak biru, atau tidak mencapai kenaikan berat badan yang ideal. Untuk mengatasi gumoh, bantu si kecil untuk bersendawa di tengah-tengah proses menyusui atau ketika susu formula si kecil tersisa setengah dan di akhir waktu makan. Biasakan juga memposisikan bayi dengan punggung tegak selama 20 menit setelah makan. Hal ini dapat membuat udara di perut bayi keluar sebelum terjebak di dalamnya.

Terkadang beberapa bayi lebih sering gumoh dibanding bayi lain. Hal ini normal dan akan berkurang setelah si kecil berusia 6 hingga 12 bulan.

Baca juga: 5 Strategi agar si kecil gak ngompol lagi

3. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

Dalam istilah kedokteran, gumoh biasa disebut GER (Gastroesophageal Reflux). Bila gumoh disertai rasa sakit atau masalah kesehatan lain (seperti di atas), maka ini adalah tanda-tanda dari GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Bayi yang mengalami GERD biasanya menangis keras selama atau setelah disusui karena rasa sakit yang sangat.

Untuk mengatasi GERD, caranya sama dengan mengatasi gumoh. Bila bunda menemukan gejala GERD terjadi pada si kecil segera berkonsultasi ke dokter. Dibutuhkan juga tindakan segera bila gangguan tampak parah, misalnya bila si kecil berubah biru. Bila ini terjadi, segera bawa ia ke rumah sakit.

Baca juga: Tips agar si kecil terbiasa ke kamar mandi

4. Konstipasi

Tanda-tanda konstipasi adalah pup yang keras dan kecil. Ia juga akan banyak buang gas dan tampak kesulitan buang air besar. Konstipasi bisa terjadi bila si kecil berpindah ke makanan satu ke lainnya, seperti dari ASI ke susu formula, susu formula ke susu biasa, atau ketika pertama kali dikenalkan dengan makanan semi padat. Hati-hati bila pup berwarna hitam atau kemerahan karena ini berarti ada darah disana dan merupakan tanda gangguan yang lebih serius.

Bila konstipasi terjadi, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu untuk memperoleh saran medis. Bergantung usia bayi, dokter akan menganjurkan bayi mengkonsumsi jus buah prun, misalnya, atau makanan berserat lain untuk melunakkan kotoran. Akan tetapi, biasanya jus yang diberikan hanya sedikit, sekitar 1 atau 2 ons.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru