09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Perlengkapan untuk menyambut kelahiran bayi bunda

KategoriBayi
Di lihat1575 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips menyiapkan perlengkapan bayi sebelum melahirkan

Sambil menunggu kelahiran si buah hati, ayah bunda dapat mulai menyiapkan beberapa perlengkapan yang diperlukan si mungil setelah mereka hadir ditengan-tengah keluarga. Tentu hal ini tidak wajib disiapkan segera, namun akan lebih memudahkan jika ada sebelum si kecil lahir karena biasanya ayah bunda akan lebih fokus merawat bayi setelah bunda melahirkan. Berikut adalah beberapa barang keperluan bayi yang bisa bunda siapkan sambil menunggu proses persalinan.

Baca juga: Tips melindungi kulit si kecil dari sinar UV

1. Baju bayi

Dipasaran baju bayi tersedia dengan berbagai model. Untuk ukuran biasanya diklasifikasikan berdasarkan usia si mungil yaitu yang baru lahir, usia 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, dan 12 bulan. Pertumbuhan bayi berlangsung pesat jadi bunda tidak perlu membeli baju bayi terlalu banyak. Jika jenis kelamin si mungil belum bisa ditentukan, bunda dapat memilih pakaian baik model maupun warna yang cocok buat bayi laki-laki atau perempuan.

Untuk pemakaian sehari-hari, pilihlah jenis baju yang nyaman dipakai, menyerap keringat, dan tidak membatasi gerak mereka. Baju dari bahan katun atau campuran katun polyester nyaman dikenakan sehari-hari. Untuk bayi berusia 3 bulan keatas, bunda dapat memilih berbagai jenis pakaian seperti baju kodok, legging, atau kaos berkancing. Untuk keperluan tertentu misalnya saat cuaca cukup dingin, ayah buda dapat memilih sweater atau jaket berkancing. Termasuk perlengkapan baju adalah kaos kaki, sarung tangan, sepatu bayi, kupluk, serta baju tidur.

2. Popok

Untuk keperluan popok, ayah bunda dapat memilih jenis yang sekali pakai, popok dari bahan kain, atau popok celana yang dapat dicuci. Diawal-awal paska kelahiran, umumnya bayi memerlukan 8-12 kali ganti popok dalam sehari. Jika bunda memilih jenis popok sekali pakai, pilihlah ukuran yang sesuai dan berbahan lembut sehingga tidak mengiritasi kulit bayi.

Baca juga: Mencegah gigi keropos si kecil

Selain popok, bunda juga akan perlu tisu basah atau bola kapas, karpet karet untuk alas mengganti popok, dan handuk kecil. Untuk membersihkan puup si kecil bunda dapat menggunakan tisu basah atau bola kapas yang dibasahi dengan air hangat. Hati-hati dengan tisu basah, pilih yang khusus dibuat untuk bayi untuk menghindari resiko iritasi.

3. Botol susu

Meski si kecil akan mendapatkan ASI ekslusif, tidak ada salahnya menyiapkan beberapa botol susu untuk berjaga-jaga. Terkadang saat produsi air susu ibu cukup tinggi, kondisi ini dapat menimbulkan ketidak nyamanan pada ibu menyusui. Solusinya bunda dapat memeras ASI dan menyimpanya dalam botol untuk diberikan kemudian.

Khusus ibu menusui yang bekerja mungkin akan memerlukan pompa ASI baik yang manual maupun yang elektrik, kantong untuk menyimpan ASI, penghangat ASI, dan alat sterilisasi botol susu. Beberapa ibu mengalami iritasi dibagian puting pada awal-awal menyusui, untuk kondisi ini bunda dapat berkonsultasi dengan dokter, dan biasanya dokter akan meresepkan salep lanolin untuk meredakan iritasi tersebut. Perlengkapan lainya yang mungkin diperlukan selama menyusui adalah sikat pembersih botol susu, sabun khusus pencuci botol susu, dan bantal menyusui.

Baca juga: Tips membesarkan balita cerdas

4. Alat makan dan perlengkapan lainya

Untuk keperluan mobilitas bersama si kecil mungin bunda akan memerlukan tas perlengkapan bayi, gendongan, stroller, kursi mobil bayi, perlengkapan mandi, perlengkapan untuk perawatan kulit bayi, alat pemotong kuku bayi, termometer badan, tempat tidur bayi, dan perlengkapan makan khususnya saat mereka mulai mengkonsumsi makanan pendaping ASI.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru