09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Tips agar si buah hati makan sendiri tanpa disuapi

KategoriBayi
Di lihat2009 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah tips bagi ayah bunda agar si buah hati terbiasa makan tanpa disuapi. membiasakan mereka makan mandiri bagus untuk perkembangan skil motorik mereka juga

Terdapat kebiasaan di masyarakat untuk menyuapi anak-anak hingga melewati usia balita. Akan tetapi, dewasa ini mulai berkembang tren untuk mengajarkan si kecil untuk makan sendiri sedini mungkin atau biasa disebut self-feeding. Metode ini memiliki manfaat untuk melatih kemandirian dan kepercayaan diri. Selain itu, ia bisa meningkatkan fungsi motorik dan koordinasi karena dengan makan sendiri si kecil akan belajar memegang dengan baik dan mengarahkan makanan ke mulutnya.

Baca juga: 3 Masalah tidur pada bayi cara mengatasinya

Mengenalkan cara makan mandiri pada bayi

Self feeding bisa mulai dilakukan ketika si kecil sudah terbiasa dengan makanan semi padat (sekitar usia 6 bulan) dan sudah dapat menyangga lehernya dengan baik. Jangan mengajarkan self-feeding kepada si kecil sebelum ia bisa menyangga lehernya karena bisa menyebabkan si kecil tersedak.

Pada dasarnya, bayi memiliki kebiasaan meniru orang dewasa sehingga menumbuhkan minat si kecil untuk makan sendiri tidaklah sulit. Akan tetapi, ada juga anak-anak yang tidak segera menunjukkan ketertarikan untuk memasukkan sendiri makanan ke mulutnya dan lebih suka dibantu. Bila si kecil termasuk golongan ini, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu.

Baca juga: Tips mengatasi bayi mendengkur

Tips agar si kecil terbiasa makan sendiri

1. Beri contoh kepada si kecil bagaimana cara makan sendiri. Peragakan di depannya bagaimana cara mengambil makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Pada beberapa kesempatan, ajak si kecil makan bersama anggota keluarga lainnya. Makan bersama bisa menjadi cara yang efektif untuk menunjukkan kepada si kecil cara menggunakan alat-alat makan.

2. Bila masih sulit bagi si buah hati untuk makan dengan peralatan makan, berikan ia finger food. Finger food adalah makanan-makanan yang bisa dimakan si kecil dengan mudah tanpa menggunakan alat makan. Finger food biasanya berupa makanan yang lunak yang dimakan si kecil dengan cara dipegang di tangan, misalnya kentang rebus, jeruk, wortel baby yang dikukus, dan sebagainya. Kenalkan si kecil dengan berbagai jenis potongan-potongan makanan dalam berbagai ukuran, namun hindari makanan yang bisa menyebabkan tersedak, seperti kacang utuh, kismis, atau anggur utuh.

3. Banyak anak-anak yang bisa makan dengan lebih baik bila tidak merasa diawasi. Karena itu, beri mereka kesempatan untuk belajar makan sendiri tanpa perlu diawasi dari dekat. Akan tetapi, jangan pula meninggalkan si kecil sendirian ketika belajar makan untuk berjaga-jaga bila ia mengalami kesulitan atau tersedak. Awasi mereka dari jauh sambil melakukan kegiatan lain.

Baca juga: Tips melindungi si kecil dari sumber penyakit

4. Mengajarkan anak-anak makan sendiri sudah pasti membutuhkan kesabaran ekstra. Ia mungkin akan membuat makanannya berantakan atau bahkan tumpah ke lantai. Akan tetapi, tetaplah sabar dan hanya bantu si kecil bila diperlukan. Bila kita selalu membantunya, ia tidak akan bisa makan sendiri. Lebih baik, hamparkan alas pada lantai atau karpet supaya tumpahan makanan tidak mengotorinya dan biarkan si kecil belajar pelan-pelan untuk makan dengan rapi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru