09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Tips hebat mempersiapkan kehamilan kedua

KategoriKehamilan
Di lihat4952 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah tips merencanakan kehamilan kedua bunda

Hamil anak kedua pasti menjadi hal yang membawa kegembiraan, baik bagi bunda maupun seluruh keluarga. Bunda tentu menghendaki kehamilan kali ini berjalan lancar, tanpa hambatan berarti. Akan tetapi, kehamilan kedua memberikan tantangan yang lebih besar, terutama bila si kakak masih kecil.

Bunda harus bisa membagi waktu dan perhatian untuknya dan untuk si adik yang masih di dalam kandungan. Ditambah lagi, proses kehamilan tidaklah semakin ringan dari waktu ke waktu seiring janin tumbuh semakin besar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai persiapan untuk menghadapi kehamilan kedua.

Baca juga: Demam tinggi vs kerusakan otak si kecil

1. Pentingnya suplemen kehamilan

Wanita yang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat paling tidak 3 bulan sebelum kehamilan. Selain itu, dokter mungkin meresepkan suplemen zat besi dan suplemen kalsium pada saat kehamilan telah mencapai trimester kedua.

Mengkonsumsi suplemen pre-natal penting untuk menjaga supaya bunda dan janin yang sedang berkembang memperoleh nutrisi penting yang dibutuhkannya dalam jumlah yang cukup. Bunda juga boleh mengkonsumsi suplemen lain, namun pastikan bunda berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan melakukannya.

2. Olahraga secara teratur

Bunda mungkin tidak menyangka bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan energi untuk beraktivitas. Hal ini akan sangat bermanfaat karena bunda harus merawat si kakak sambil menjalani kehamilan kedua. Lakukan olahraga ringan yang paling sesuai dengan bunda, misalnya yoga, berenang, atau sekedar berjalan santai sambil mendorong si kakak di dalam stroller.

Luangkan juga waktu 5 menit setiap harinya untuk melakukan relaksasi, yaitu dengan duduk sejenak tanpa memikirkan kesibukan sehari-hari sambil mengatur nafas. Hal ini baik untuk keseimbangan emosi dan pasti berdampak positif bagi janin.

Baca juga: Cara menurunkan demam si kecil tanpa obat kimia

3. Mengkonsumsi diet sehat dengan gizi seimbang

Gizi yang seimbang amatlah diperlukan untuk menjaga kesehatan bunda selama kehamilan dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang sebaiknya bunda konsumsi:

  • Karbohidrat yang terkandung dalam beras, sereal, atau roti (idealnya yang berbahan gandum utuh).
  • Buah dan sayur (termasuk sayur dan buah kaya folat, misalnya sayuran berdaun hijau, jeruk, dan alpukat).
  • Protein (misalnya yang terkandung dalam ikan, telur, dan daging serta kacang-kacangan bagi bunda yang menerapkan pola makan vegetarian).
  • Produk susu yang rendah lemak.

Selain itu batasi konsumsi makanan tinggi gula dan lemak seperti cake, pastry, dan junk food, serta makanan berkafein.

4. Perubahan fisik yang perlu diperhatikan

Bila bunda hanya mengalami morning sickness ringan pada kehamilan pertama, besar kemungkinan tidak akan merasakan mual dan muntah pada kehamilan kedua. Akan tetapi, bila bunda mengalami hyperemesis gravidarum (mual dan muntah yang hebat) pada kehamilan pertama, biasanya hal ini akan berulang. Para wanita juga akan mengalami perubahan lain, seperti ambeien dan sering buang air kecil.Nyeri di sekitar panggul selama kehamilan kedua biasanya lebih kuat daripada kehamilan pertama.

Baca juga: Penyebab nafas tak sedap pada anak

Bila bunda mengalami masalah kesehatan seperti diabetes gestational dan anemia, hal ini mungkin terulang pada kehamilan kedua. Akan tetapi jangan khawatir, pada kehamilan kedua biasanya bunda sudah mengetahui cara yang efektif untuk menghadapi hal-hal tersebut, misalnya makanan apa yang bisa mengurangi keluhan-keluhan tersebut atau obat-obatan yang mungkin membantu. Jadi, tetap tenang dan buang jauh-jauh segala kekhawatiran. Bunda juga bisa berkonsultasi dengan dokter bila menemui keluhan yang sulit diatasi selama masa kehamilan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru