09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Tips mengatasi migren pada ibu hamil secara alami

KategoriKehamilan
Di lihat2151 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah cara alami mengatasi sakit kepala migren pada ibu hamil

Menurut situs medicine.com, migren diasosiasikan sebagai satu bentuk gangguan spesifik yang terjadi pada bagian otak sehingga menyebabkan munculnya gejala seperti sakit berdenyut pada salah satu atau kedua bagian kepala, sensitif pada cahaya, suara, atau bau-bauan tertentu, mual, muntah, dan pandangan menjadi kabur.

Sampai saat ini para ilmuwan belum bisa mengungkap secara pasti apa penyebab migren, namun faktor genetik dan lingkungan diduga menjadi salah satu pemicunya. Serangan migren juga diduga disebabkan oleh adanya perubahan keseimbangan kimiawi organ otak.

Baca juga: Makanan pemicu kolik pada bayi

Sakit migren pada ibu hamil

Menurut situs mayoclinic.org, salah satu kondisi yang dapat memicu migren khususnya pada wanita adalah perubahan hormonal dalam tubuh. Fluktuasi hormon estrogen yang diproduksi oleh indung telur diduga menjadi salah satu yang memicu serangan migren pada beberapa wanita.

Ibu hamil yang mengalami jenis sakit kepala ini sebaiknya segera menghubungi dokter jika serangan migren disertai dengan demam, pandangan kabur, serta sakit kepala yang berulang dan bertahan hingga beberapa jam.

Foktor resiko migren

Berikut adalah beberapa hal yang diduga menyebabkan ibu hamil lebih rentan terhadap serangan migren:

1. Riwayat keluarga. Hampir 90 persen penderita migren memiliki riwayat keluarga yang juga mengalami migren. Jika kedua orang tua bunda sering mengalami gejala migren, maka besar kemungkinan bunda pun akan mengalami sakit kepala jenis ini.

2. Jenis kelamin. Menurut situs mayoclinic, wanita memiliki resiko terkena migren 3 kali lebih besar dibanding laki-laki. Hal ini secara lebih khusus terjadi saat wanita menginjak usia pubertas keatas.

3. Perubahan hormonal. Saat wanita mulai hamil atau menopause dimana terjadi fluktuasi hormon tubuh, mereka menjadi lebih rentan terkena serangan migren. Hal ini menjelaskan kenapa sebagian ibu hamil cenderung lebih sering mengalami jenis sakit kepala migren dibanding mereka yang sedang tidak hamil.

Baca juga: Tips menenangkan si kecil yang mudah menangis

Cara alami meredakan migren pada ibu hamil

Ada beberapa tehnik yang dipercaya dapat meredakan sakit migren khususnya bagi ibu hamil, diantaranya adalah:

1. Lakukan relaksasi. Melakukan tehnik relaksasi dipercaya dapat menurunkan intensitas sakit migren. Tehnik relaksasi yang direkomendasikan berupa meditasi, yoga, dan peregangan. Bagi yang beragama Islam, berdzikir dapat membuat seseorang lebih tenang dan fokus, dan kondisi ini dipercaya mampu meredakan sakit migren.

2. Pastikan ibu hamil cukup istirahat. Memastikan ibu hamil cukup tidur adalah salah satu upaya menghindari serangan sakit kepala migren, namun jangan sampai terlalu banyak tidur juga. Upayakan agar ibu hamil memiliki pola tidur malam yang teratur.

3. Catat setiap sakit kepala. Sakit kepala migren dapat dipicu oleh beragam hal, sehingga membuat catatan rutin kapan ibu hamil mendapat serangan migren, dapat membantu mereka untuk mengidentifikasi apa yang menjadi pemicu sakit kepala mereka.

Baca juga: Tips redakan eksim bayi secara alami

4. Hindari stress berkepanjangan dan pastikan ibu hamil beristirahat di ruangan yang sejuk, tenang, dan gelap saat serangan migren datang. Ibu hamil dapat pula melakukan terapi dingin, yaitu dengan meletakan katung es yang dibungkus kain dibagian belakang leher, atau dibagian yang terasa sakit.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru