09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Tips menjaga kesehatan kulit bayi ditahun pertama

KategoriBayi
Di lihat1340 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah cara tepat merawat kulit bayi yang masih halus dan lembut

Kulit bayi yang baru lahir hingga berusia 12 bulan sangatlah lembut dan peka sehingga rentan terkena gangguan kulit, misalnya terbakar matahari, kering, ruam, jerawat, atau eksim. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan yang tepat bagi kulit lembut bayi agar terhindar dari beragam masalah kulit. Berikut adalah panduan sederhana untuk menjaga kulit si kecil tetap sehat.

Cara merawat kulit bayi

Baca juga: Panduan nutrisi bagi ibu menyusui

1.Pilih produk perawatan kulit khusus bayi

Pilihlah produk-produk perawatan kulit bayi yang memang diperuntukkan untuk bayi, terutama bila si kecil berusia 0 hingga 3 bulan. Menggunakan produk perawatan kulit yang berbahan keras bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering, bahkan timbul ruam. Pilihlah sampo, sabun bayi, lotion, pelembab, bahkan detergen untuk pakaian bayi yang kandungannya aman bagi kulit bayi. Produk-produk pembersih dan perawatan yang bersentuhan dengan kulit lembut bayi sebaiknya tidak mengandung pewarna, parfum, paraben, dan phthalates karena bisa memicu iritasi.

2 Mandikan si kecil secara rutin

Supaya kulit bayi tidak kering, mandikan bayi 2 hingga 4 kali saja setiap minggunya. Bayi tidak melakukan banyak kegiatan dan belum bisa berkeringat seperti orang dewasa sehingga tidak perlu mandi setiap hari. Yang penting, area popok bayi dibersihkan setiap hari dan diganti popoknya setiap kali kotor.

Baca juga: Jenis makanan sumber yodium untuk ibu menyusui

Bila tiba saatnya memandikan si kecil, gunakan air yang hangat (jangan terlalu panas karena bisa memicu kulit kering) dan sabun bayi berbahan lembut (bukan sabun orang dewasa). Batasi pula durasi memandikan bayi, yaitu maksimal 5 menit setiap kali mandi. Lebih baik lagi bila setelah mandi dibubuhkan pelembab ke seluruh permukaan kulit bayi. Pelembab kulit bisa membuat kulit tetap, lembut, lembab, dan sehat.

3. Hindari sengatan terik matahari

Terutama sebelum si kecil berusia 6 bulan, kulitnya masih begitu tipis sehingga rawan terbakar sinar matahari. Kenakan pakaian yang dapat melindungi kulit, misalnya kaos berlengan panjang, legging katun, dan topi setiap kali pergi keluar rumah disaat cuaca sedang cerah. Pilih bahan yang dingin dan menyerap keringat (sebaiknya jangan yang berbahan sintetis) supaya si kecil tidak kepanasan meskipun pakaiannya tertutup.

Sebagai perlindungan tambahan, gunakan sedikit tabir surya yang mengandung SPF 30++ pada permukaan kulit yang tidak tertutup pakaian. Ada sebagian orang yang percaya bahwa bayi yang berusia di bawah 1 tahun sebaiknya tidak diberi tabir surya karena bahan kimianya bisa terserap kulit bayi yang masih begitu tipis. Agar lebih tenang, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter anak sebelum menggunakanya.

Baca juga: Mencegeh kegemukan dengan menyusui

4. Hubungi dokter jika diperlukan

Adalah wajar bila pada kulit si kecil timbul ruam, eksim, jerawat, atau craddle cap. Gangguan-gangguan tersebut biasa terjadi dan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Yang penting, terus lakukan perawatan kulit dengan cara yang sudah disebutkan di atas. Akan tetapi, bunda juga boleh berkonsultasi dengan ahli untuk memperoleh saran medis bila menemukan gejala gangguan yang membuat bunda khawatir.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru