09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Tips meredakan sakit pinggang selama masa kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat1181 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips mengatasi sakit pinggang selama masa kehamilan

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, tubuh si janin juga bertambah besar dan sebagai konsekwensinya bobot yang harus ibu hamil tanggung dibagian perut semakin berat. Sebagian ibu hamil mengeluhkan serangan sakit dibagian pinggang sebagai dampak dari kondisi ini, terutama saat usai kehamilan memasuki trimester ketiga.

Penyebab sakit pinggang pada ibu hamil

Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat memicu munculnya ketidaknyamanan dibagian punggung ibu hamil:

1. Perubahan postur tubuh. Kehamilan dapat merubah titik pusat masa tubuh. Karena bagian perut membesar dan bertambah berat, secara tidak disadari tubuh akan menyesuaikan dengan cara menarik punggung kebelakang serta pinggang kedepan, hal ini dapat memicu munculnya sakit disekitar punggung.

2. Kenaikan berat badan. Bergantung pada berat awal sebelum hamil, berat badan ibu hamil akan bertambah cukup drastis. Rata-rata berat badannya dapat bertambah antara 10-13 kilogram. Bertambahnya berat badan ini dapat memicu munculnya sakit pinggang.

3. Perubahan hormonal. Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil memproduksi hormon relaxin yang menyebabkan otot sendi pada bagian panggul menjadi lebih longgar, hal ini terjadi sebagai persiapan alami untuk proses persalinan. Efek samping dari peristiwa ini adalah sensasi sakit dibagian panggul.

Tips mengatasi sakit pinggang saat hamil

1. Tidur dengan posisi miring. Saat perut mulai membesar, hindari posisi tidur terlentang. Posisi tidur miring apalagi dibantu dengan bantal khusus ibu hamil, dapat mencegah dan meredakan sakit pinggang selama masa kehamilan.

2. Postur tubuh yang benar. Hindari gerakaan dengan posisi tubuh condong kedepan atau membungkuk. Saat ibu hamil akan menjangkau benda yang posisinya lebih rendah, hindari mengambil langsung dengan membungkukan badan, namun lakukan dengan cara membengkokan lutut, turunkan badan dengan posisi badan sejajar sumbu tubuh.

3. Terapi panas dingin. Untuk meredakan rasa sakit, ibu hamil bisa memanfaatkan terapi hangat atau dingin. Untuk terapi hangat, masukan air panas kedalam botol kaca kemudian bungkus dengan kain handuk dan tempelkan kebagian pinggang yang sakit. Untuk terapi dingin, masukan es batu kedalam prastik kemudian bungkus dengan kain handuk dan tempelkan kebagian yang sakit.

4. Temui terapis ahli. Jika dirasa perlu, ibu hamil dapat menemui terapis berpengalaman di rumah sakit terdekat. Mereka akan merekomendasikan beberapa gerakan untuk meringankan sakit pinggang. Terapis juga mungkin akan merekomendasikan ibu hamil untuk menggunakan penyangga khusus kehamilan.

Kapan harus menghubungi dokter?

Jika ibu hamil mengalami sakit akut dibagian pinggang yang tidak hilang selama dua pekan atau lebih, disarankan agar mereka menemui dokter kandungan. Untuk meredakan sakit dokter mungkin akan meresepkan obat pereda sakit berupa acetaminophen atau memberikan penanganan medis lainnya.

Sakit dibagian pinggan yang disertai dengan demam, pendarahan, atau sakit saat buang air kecil dapat merupakan gejala dari infeksi saluran kencing, atau kondisi lainya yang memerlukan penanganan secara medis.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru