09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

4 Tips untuk bunda seputar menyusui bayi kembar

KategoriMenyusui
Di lihat749 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bagaimana cara tepat menyusui bayi kembar?

Menyusui bayi kembar, baik dua atau lebih, sangatlah bermanfaat bagi si kecil dan bunda. ASI dikenal sebagai makanan terbaik bagi bayi karena mengandung berbagai kebaikan, mulai dari kandungan nutrisi yang seimbang, hingga antibodi yang baik bagi perkembangan sistem imun. ASI juga lebih mudah dan cepat dicerna oleh bayi yang baru lahir dibanding susu formula. Keuntungan lain, menyusui disebut-sebut mampu mempercepat penurunan berat badan setelah melahirkan dan mempererat hubungan antara bunda dan si kecil.

Baca juga: Tips menurunkan demam anak

Akan tetapi, disamping segudang manfaatnya, menyusui bayi kembar juga menyajikan tantangan. Kita harus mampu mengatur jadwal menyusui masing-masing bayi, karena pada awal masa menyusui kita sebaiknya hanya menyusui 1 bayi pada satu waktu. Hal ini mempermudah kita mengamati seberapa baik masing-masing anak minum susu. Lebih baik lagi bila kita mencatat jadwal menyusui dan seberapa banyak si kecil minum setiap kali waktu menyusui.

Setelah terbiasa menyusui bayi kembar, barulah bunda bisa mencoba-coba berbagai cara menyusui, menyusui setiap bayi secara individual atau bersama-sama. Bunda juga bisa mencoba berbagai posisi menyusui untuk melihat mana yang paling cocok bagi bunda dan si buah hati.

Tips menyusui bayi kembar

Sebagian besar ibu mampu menghasilkan air susu yang cukup bagi bayi kembar dua atau lebih. Tips-tips di bawah ini bisa membantu menjaga suplai ASI tetap stabil selama masa menyusui.

1. Mulailah menyusui si kecil segera setelah melahirkan. Menyusui 8 hingga 12 kali setiap 24 jam bisa membantu menstabilkan produksi air susu. Semakin sering kita menyusui, produksi air susu juga akan meningkat.

Baca juga: Gejala radang tenggorokan pada anak

2. Memeras ASI bisa membantu bunda menyusui bayi kembar setelah melahirkan. Hal ini juga memudahkan pengasuh bayi untuk membantu bunda menyusui sehingga tugas menyusui setelah persalinan menjadi lebih ringan. Gunakan pompa yang bisa memeras ASI dari kedua payudara sekaligus. Memompa ASI dari kedua payudara sekaligus dapat menstimulasi kelenjar susu untuk menghasilkan air susu lebih banyak sekaligus mempersingkat waktu untuk memompa air susu. Setelah melahirkan bunda bisa menghubungi konsultan laktasi untuk mengetahui apakah rumah sakit tempat bunda bersalin menyediakan pompa ASI untuk disewa.

3. Ubah-ubahlah payudara yang digunakan untuk menyusui setiap anak, sehingga mereka mendapatkan pengalaman menghisap air susu pada payudara yang berbeda. Hal ini juga dapat memelihara suplai ASI pada setiap payudara karena setiap anak memiliki cara yang berbeda dalam menghisap air susu. Selain itu, menghisap susu pada payudara yang berbeda mampu menyajikan sudut pandang yang berbeda-beda bagi si kecil sehingga dapat menstimulasi matanya.

4. Sekalipun ASI eksklusif lebih baik, kita boleh memadukan ASI dan susu formula untuk si kecil. Akan tetapi, konsultasikan dulu dengan dokter untuk mengetahui mana yang terbaik bagi kondisi bunda dan si kecil. Ingatlah untuk tetap menyusui atau memompa ASI 8 hingga 10 kali dalam 24 jam, karena bila tidak suplai ASI akan menurun.

Baca juga: Kenapa mata bayi belekan?

Menyusui bayi kembar memang tidaklah mudah. Akan tetapi, hal ini tidak harus membuat bunda menyerah. Jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan orang lain bila menemui kesulitan. Konsultasikan dengan dokter dan ahli laktasi bila bunda menemui kesulitan dalam menyusui si kecil. Bertanyalah juga pada keluarga atau ibu lain yang berpengalaman menyusui bayi kembar. Mintalah bantuan dari pasangan untuk mengerjakan tugas-tugas rumah tangga atau pekerjakan asisten rumah tangga selama masa menyusui.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru