09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Aspek nutrisi yang mempengaruhi kecerdasan anak

KategoriNutrisi
Di lihat2308 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

ini adalah rahasia seputar cara menumbuhkan anak cerdas dengan memperhatikan aspek nutrisi

Faktor genetik memang merupakan salah satu hal terpenting yang mempengaruhi tingkat kecerdasan manusia. Akan tetapi, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, para ilmuwan menemukan bahwa gizi juga memainkan peranan penting dalam menentukan tingkat kecerdasan anak-anak. Terdapat 5 aspek tentang nutrisi yang dapat mempengaruhi perkembangan mental, proses belajar, dan pada akhirnya prestasi si kecil di sekolah.

Baca juga: Tips mengatasi luka bakar pada anak bayi dan balita

1. Lemak omega-3

Lemak omega-3 adalah salah satu komponen pembentuk otak. Karena itu, ia memiliki pengaruh signifikan bagi kecerdasan anak. Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa anak yang mengkonsumsi makanan kaya lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.

Tak hanya yang dikonsumsi anak-anak, asupan kaya asam lemak omega-3 yang dikonsumsi ibu hamil juga bisa mempengaruhi kecerdasan, terutama IQ dan kemampuan bahasa anak. Asam lemak omega-3 banyak terkandung dalam ASI, sehingga anak yang diberi ASI eksklusif  biasanya memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibanding anak-anak seumurnya.

Untuk itu, sebisa mungkin berikanlah ASI eksklusif pada si kecil. Untuk meingkatkan kualitas nutrisi dalam ASI, ibu yang menyusui dianjurkan mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak omega-3 seperti telur dan ikan berlemak (sarden, salmon, tuna, makarel, dan sebagainya).

2. Zat besi

Zat besi membentuk senyawa kimia yang kemampuan anak untuk memusatkan perhatiannya. Karena itu, mineral ini mempengaruhi motivasi si kecil untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang menyita pikiran. Karena itu, kekurangan zat besi bisa berdampak pada kemampuan kognitif anak. Defisiensi zat besi adalah salah satu masalah gizi yang paling umum terjadi.

Untuk menghindarkan anak dari defisiensi zat besi, ibu hamil harus mengkonsumsi diet sehat kaya zat besi, seperti sayuran hijau, daging merah, daging paha ayam atau sapi, kacang-kacangan, dan hati. Anak yang baru disapih (sekitar usia 6 bulan) juga dianjurkan mengkonsumsi banyak makanan yang kaya akan zat besi.

Baca juga: Informasi seputar asthma pada anak balita

3. Iodin

Penelitian membuktikan bahwa perbedaan poin IQ antara anak-anak yang mengalami defisiensi iodin dengan yang mnegkonsumsi cukup iodin adalah 13.5 poin. Hal ini membuktikan hubungan asupan iodin dengan kemampuan kognitif anak. Makanan kaya iodin antara lain adalah rumput laut, seafood, produk-produk susu, dan garan beriodium.

4. Sarapan pagi

Banyak penelitian yang membuktikan pengaruh sarapan pagi bagi kecerdasan. Anak yang terbiasa sarapan pagi terbukti memiliki konsentrasi, kemampuan memusatkan perhatian, dan prestasi sekolah yang lebih baik daripada yang tidak. Sarapan pagi sangat penting bagi anak –anak, karena otak anak-anak memproses glukosa dua kali lebih cepat daripada orang dewasa.

Setelah tidur malam dan tidak memperoleh asupan glukosa semalaman, otak membutuhkan banyak glukosa untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk itu, biasakan anak-anak sarapan pagi dengan makanan yang ber-GI rendah. Makanan ber-GI rendah menyediakan suplai energi yang lebih stabil bagi otak untuk menjalankan fungsinya mengolah informasi dalam proses belajar anak.

Baca juga: Inilah pentingnya air minum bagi si kecil

5. Makanan bernutrisi seimbang

Makanan bernutrisi seimbang juga sangat penting bagi kecerdasan anak. Penelitian membuktikan bahwa bayi (usia 6 hingga 12 bulan) yang banyak mengkomsumsi sayuran, buah, dan makanan yang diolah sendiri di rumah memiliki IQ yang lebih tinggi pada usia 4 tahun daripada yang tidak. Anak berusia 3 tahun yang mengkonsumsi nutrisi seimbang juga terbukti memiliki tingkat IQ yang lebih tinggi pada usia 8 tahun daripada anak yang banyak mengkonsumsi makanan olahan yang banyak mengandung gula dan lemak jahat.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru