09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Cara alami mengatasi susah BAB pada anak balita

KategoriParenting
Di lihat61665 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips mengatasi bab tidak teratur pada anak

Saat si kecil susah buang air besar (BAB) mungkin ini adalah salah satu yang dikhawatirkan ayah bunda karena tak tega saat melihat mereka mengeluhkan sakit perut atau sakit saat sedang BAB. Umumnya susah buang air besar pada anak-anak disebekan oleh pola makan yang tidak berimbang, meski demikian ayah bunda harus waspada dan segera menemui dokter jika gangguan pencernaan ini disertai dengan demam atau nampak ada bercak darah dikotoran si kecil.

Baca juga: Tips agar si kecil mau tidur siang

Berikut adalah lima langkah yang dapat dilakukan ayah bunda agar si kecil BAB dengan teratur dan lancar.

1. Cukup minum. Banyak orang tua menganggap sepele perihal asupan cairan si kecil dibanding pemberian zat nutrisi pada makanan, padahal peran air bagi tubuh si kecil sangatlah vital. Setiap harinya anak balita rata-rata membutuhkan 1 – 1.5 liter cairan dan sumber terbaik dari cairan adalah air putih. Kurang cairan tidak hanya menyebabkan dehidrasi namun juga dapat menyebabkan konstipasi yang gejala-gejala umumnya berupa BAB tidak teratur, perut sakit, dan kotoran menjadi keras sehingga susah dikeluarkan.

2. Cukup serat. Meski serat (tak larut) ini tidak dicerna tubuh namun peran nya sangat penting bagi kesehatan pencernaan si buah hati. Jika BAB mereka tidak teratur atau sering mengeluhkan sakit saat BAB, cek kembali apakah menu harian mereka sudah mengandung serat yang cukup? Beberapa jenis makanan yang terkenal akan kandungan seratnya yang tinggi adalah kacang-kacangan, jagung, beras merah, apel, brokoli, alpukat, dan oatmeal.

Baca juga: 5 Jenis makanan agar gigi si kecil kuat

3. Posisi BAB. Saat si kecil mengeluhkan sakit perut dan mau BAB, posisikan dia untuk jongkok ditoilet, karena posisi ini dinilai lebih mudah untuk mengeluarkan kotoran daripada berdiri atau jongkok. Jika si kecil menggunakan pampers dan menolak dibawa ke toilet, posisikan dia tengkurap diatas paha ayah bunda sehingga bagian perutnya tertekan. Posisi ini akan memudahkan si kecil untuk BAB.

4. Gunakan ‘pelumas’. Saat kotoran si kecil menggumpal cukup besar dan keras, umumnya akan susah dikeluarkan dan menyebabkan sakit saat BAB. Jika kondisinya cukup parah hingga si kecil menangis, ayah bunda dapat menggunakan pelumas khusus untuk susah buang air besar. Pilih jenis yang betul betul pelumas tanpa obat, ayah bunda dapat memperolehnya di apotek terdekat yang biasanya di jual dalam bentuk gel dalam kemasan sekali pakai. Sebagai alternatif, dapat juga digunakan minyak kelapa yang dioleskan pada bagian anus si kecil agar BAB nya menjadi lebih mudah.

Baca juga: 6 Tips agar si kecil suka sayuran

5. Air hangat. Untuk meredakan sakit perutnya, ayah bunda dapat memberikan kompres hangat atau air suam-suam kuku yang dimasukan kedalam botol atau plastik kemudian ditempelkan diperut si kecil sambil dipijat dengan gerakan melingkat searah jarum jam. Rasa hanyat dari air tersebut dapat mengurangi sakit perut akibat sembelit.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru