09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Cara efektif meredakan sakit perut dan perut kembung si kecil

KategoriKesehatan
Di lihat1645 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips mengatasi sakit perut si kecil akibat pola makan yang salah

Mayoritas sakit perut atau perut kembung pada anak-anak diakibatkan oleh pola makan yang kurang tepat dan biasanya dapat diatasi dengan merubah pola makan. Jika si kecil mengalami sakit perut yang tidak hilang dalam waktu satu 24 jam atau lebih, sebaiknya ayah bunda membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan diagnosa lanjut dan penanganan medis.

Jika si kecil mengeluh sakit perut atau perut kembung, coba cek kembali makanan yang dia konsumsi dalam waktu 24 jam terakhir. Beberpa janis makanan yang terlalu pedas dan asam dapat memicu perut mulas. Konsumsi makanan yang memproduksi gas dapat juga menjadi pemicu perut kembung balita bunda. Berikut adalah beberapa tips meredakan sakit perut si kecil.

Tips mengatasi sakit perut si kecil akibat pola makan yang salah

1. Tambahkan serat. Sembelit yang menyebabkan sakit perut dapat terjadi karena si kecil kurang mengkonsumsi serat dalam makananya. Serat pada makanan adalah kunci bagi perut yang sehat. Jenis makanan yang kaya akan serat diantaranya adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Pastikan ayah bunda memberikan makanan berserat dalam takaran ideal. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berserat juga tidak bagus karena dapat menyebabkan perut kembung. Sebagai bahan acuan, anak usia 1-3 tahun memerlukan 14 gram serat per hari yang setara dengan satu buah pisang ukuran sedang, ½ gelas kacang-kacangan, dan sepotong roti gandum.

2. Berikan yogurt. Produk olahan susu ini kaya akan probiotik atau bakteri ‘baik’. Jenis bakteri yang terdapat dalam yogurt mampu membantu mengoptimalkan pencernaan, menekan pertumbuhan bakteri ‘jahat’ dan meredakan gangguan pencernaan ringan. Kombinasikan yogurt dengan potongan buah segar atau dalam bentuk smoothie agar si kecil lebih bersemangat mengkonsumsinya.

3. Kurangi konsumsi gula. Beberapa jenis makanan yang mengandung gula lebih sukar untuk dicerna.Mengkonsumsi makanan bergula dalam jumlah banyak dapat menyebabkan produksi gas berlebih dalam perut, akibatnya perut sikecil menjadi kembung dan sakit. Segala jenis makanan yang mengandung gula, termasuk buah-buahan dapat menimbulkan masalah pencernaan jika dikonsumsi berlebih.

4. Hindari minuman bersoda. Gas dari minuman bersoda dapat menyebabkan perut si kecil kembung dan sakit. Biasakan si kecil mengkonsumsi jus buah atau sayur dari pada minuman bersoda. Selain mengandung gas, jenis minuman bersoda biasanya mengandung kadar gula tinggi yang tidak bagus bagi kesehatan si kecil.

5. Kenali karakter pencernaan si kecil. Beberapa anak mengalami intoleransi atau tidak tahan terhadap beberpa jenis makanan seperti susu dan kacang. Mereka yang tidak bisa mengkonsumsi susu biasanya karena tidak memiliki enzim pencerna susu, sehingga jika dipaksakan minum susu biasanya akan mencret-mencret dan sakit perut. Jika si kecil diketahui sensitif atau tidak toleran terhadap jenis makanan tertentu, pastikan mereka tidak mengkonsumsinya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru