09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Cara jitu mengembangkan kemampuan sosial anak balita

KategoriParenting
Di lihat622 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips mengembangkan keterampilan sosial balita bunda

Keterampilan sosial termasuk kemampuan bertingkah laku diperlukan si kecil sebagai dasar menuju individu yang mandiri. Yang termasuk kedalam keterampilan ini mencakup kemampuan untuk berkenalan, berbaur, dan berkomunikas dengan orang lain. Sebagai orang terdekat si kecil, ayah bunda harus mendorong dan melatih kemampuan tersebut agar si kecil mempunyai modal untuk mengembangkan skill sosialnya dikemudian hari.

Si buah hati yang menerima pendidikan secara baik dan tepat akan memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik sehingga dapat diterima oleh lingkungan atau teman-temanya. Tujuan dari pengembangan kemampuan sosial adalah meningkatnya kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan lingkunganya seperti memahami dan menerima peraturan, memiliki empati, dan memiliki rasa percaya diri.

Meningkatkan rasa percaya diri anak

Kemampuan bersosialisasi berhubungan dengan rasa percaya diri si kecil. Mereka yang memiliki rasa percaya diri tinggi cenderung lebih mudah masuk dan diterima dilingkungannya sehingga mereka cenderung memiliki lebih banyak teman. Dengan banyaknya teman, mereka memiliki banyak kesempatan untuk bersenang-senang dan bermain. Namun tidak semua anak mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, adalah tugas ayah bunda untuk mengenalkan dan mengajarkan si kecil agar belajar mendapatkan kepercayaan dirinya.

Selama dua tahun pertama, si kecil cenderung bersifat ‘egosentrik’ atau menjadi pusat dari dunianya. Pada tahapan usia ini mereka belum mengerti konsep berbagi atau perasaan orang lain sehingga ketika bermain dengan anak lain sering berakhir dengan tangisan karena memperebutkan mainan yang diinginkan.

Seiring dengan bertambahnya usia, si kecil akan belajar tentang konsep diri dan lingkungannya. Diatas usia dua tahun dia akan mulai belajar berempati. Dia mulai dapat merespon perasaan orang lain yang sedih dengan ikut merasa sedih sehingga mendorong dia menjadi perhatian, murah hati dan tidak egois.

Tips mengembangkan keterampilan sosial balita bunda

1. sesering mungkin, libatkan si buah hati dalam aktifitas bersama baik dengan teman sebayanya. Bunda dapat mengajak teman-teman si kecil untuk bermain bersama dirumah. Ayah bunda dapat juga melibatkan si kecil pada saat ada acara keluarga besar agar dia berinteraksi dengan yang lain.

2. Doronglah rasa cinta pada orang lain dengan cara minta dia mencium atau memeluk ayah bunda setiap ketemu. Bunda dapat mengenalkan konsep sayang dan cinta melalui boneka atau binatang peliharaan di rumah.

3. Ajak si kecil ke tempat-tempat umum seperti supermarket atau kafe, beritau dan jelaskan kenapa kita harus antri bayar dikasir, tidak boleh mendahului antrian, atau mengucapkan terimakasih kepada kasir yang telah melayani.

4. Ketika sudah mulai faham, berikan pujian kepada si kecil jika dia mau berbagi. Pada awalnya mungkin si kecil mau berbagi karena ingin mendapatkan pujian dari ayah bunda dan bukan berdasarkan keadilan. Perkenalkan konsep keadilan misal dengan cara berhantian mainan favorit dengan teman atau saudaranya.

5. Ajari si kecil untuk berkata tolong setiap kali minta bantuan pada ayah bunda. Berikan pujian dan pelukan jika dia elakukan dengan benar.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru