09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Cara sederhana agar balita ayah bunda terbiasa tidur siang

KategoriParenting
Di lihat3256 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara agar si kecil mau tidur siang

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari the University of Massachusetts Amherst di Amerika Serikat, diketahui bahwa tidur siang bagi si kecil berperan sangat penting bagi tumbuh kembang mereka. Saat mereka tidur tubuh mereka beristirahat guna memulihkan tenaga dan saat bangun si kecil akan segar untuk kembali beraktifitas.

Baca juga: 7 Bahan alami untuk redakan sakit balita

Penelitian lainnya mengungkap bahwa perkembangan si kecil baik secara mental maupun fisik berlangsung maksimal saat mereka tidur. Anak balita yang tidak tidur siang cenderung mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi serta lebih rewel dibanding mereka yang terbiasa tidur siang, dan hal tersebut berpengaruh terhadap kemampuan belajar mereka, kata Daniel Lewin, Ph.D, seorang ahli dari Pusat Kesehatan Anak di Washington DC.

Agar si kecil terbiasa tidur siang, pola tersebut harus dibagun dengan konsiten dan dimulai sedini mungkin. Jika mereka tidak dibiasakan tentu bunda akan sedikit kesulitan saat akan membuat mereka terlelap, si kecil akan lebih memilih aktivitas bermain daripada tidur siang. Namun demikian ada beberapa cara sederhana yang dapat di lakukan guna membentuk kebiasaan tidur siang si kecil. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Baca juga: 8 Tips mengatasi kulit kering si kecil

1. Buat pola tidur secara konsisten. Maksudnya, tentukan jadwal tidur malam dan siang mereka, kapan harus tidur malam, kapan bangun pagi, kapan tidur siang dan seterusnya dan lakukan dengan tegas serta konsisten. Jika kebiasaan tersebut sudah melekat, tidak perlu usaha ekstra untuk membuat si kecil terlelap disiang hari.

2. Ciptakan suasana tenang. Hindari permainan yang membuat si kecil bergerak aktif pada jam-jam tidur siang. Kondisikan mereka untuk beraktifitas di kamar tidur misalnya sambil membaca buku cerita atau bermain puzzle. Sebagian balita akan lebih mudah tidur saat mereka diayun atau digendong.

3. Kenali tanda saat si kecil mengantuk. Anak balita belum bisa mengkomunikasikan rasa ngantuk mereka secara verbal, biasanya mereka menujukanya dengan sering menguap atau cenderung rewel. Saat tanda-tanda mengantuk mulai muncul, kondisikan si kecil untuk fokus tidur.

Baca juga: Makanan sumber kalsium terbaik untuk balita

4. Makan sebelum tidur. Si buah hati akan lebih mudah tertidur saat perut mereka sudah terisi. Pastikan mereka makan sebelum jam tidur. Perut yang sudah terisi akan membuat mereka lebih nyeyak saat mereka tidur siang.

5. Konsisi ruangan yang mendukung. Suasana kamar yang teduh dan dingin cenderung mempercepat mereka untuk terlelap, jika perlu tutup sebagian gordeng jendela kamar agar tidak terlalu banyak cahaya yang masuk, jika diperlukan nyalakan pendingin ruangan agar si kecil tambah nyaman.

img source: makicocomo

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru