09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Fakta mengejutkan seputar pentingnya tidur bagi anak balita

KategoriKebugaran
Di lihat730 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

mengetahui pentingnya tidur cukup bagi balita

Sudahkah ayah bunda memastikan si kecil medapatkan waktu tidur yang cukup dan teratur? Ternyata lama dan keteraturan tidur pada anak balita sangatlah penting. Si kecil yang kurangan mendapatkan waktu tidur cukup dapat mengalami berbagai masalah kesehatan baik secara fisik maupun psikologis.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University College London, si kecil yang memiliki kebiasaan kurang tidur atau tidur tidak teratur memiliki nilai yang lebih rendah dalam hal membaca dan matematika. Penelitian yang melibatkan 11.000 anak ini secara lebih lanjut mengungkap bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi ritme tubuh serta menurunkan fungsi otak saat mempelajari informasi baru.

Baca juga: 6 Tips agar balita tidur nyeyak sepanjang malam

Oleh karenanya sangat penting bagi si kecil agar memperoleh waktu tidur yang cukup setiap harinya. Menurut situs Parenting.co.id, si kecil dengan usia 1-3 tahun rata-rata akan memerlukan 12-14 jam waktu tidur dalam sehari yang terbagi dalam 11 jam waktu  tidur malam dan 2-3 jam waktu tidur siang. Sedangkan mereka dengan usia 4-6 tahun rata-rata memerlukan 11-13 jam waktu tidur yang terbagi kedalam 10-11 jam waktu tidur malam dan 2 jam untuk waktu tidur siang.

Si buah hati yang mengalami kurang tidur biasanya ditandai dengan sering nguap, susah untuk konsentrasi, bangun pagi harus dibangunkan, dan cenderung lebih rewel di siang hari. Demi kesehatan si buah hati, ada baiknya ayah bunda mengetahui fakta-fakta sepurar tidur si buah hati berikut ini:

1. Menurut hasil sebuah survey sebuah lembaga penelitian hampir 90 persen dari orang tua merasa bahwa tidur anak mereka sudah cukup, faktanya hampir 60 persen dari anak-anak yang di survey mengalami kelelahan yang sangat di saat siang hari yang diakibatkan oleh kurangnya waktu tidur mereka.

Baca juga: Beginilah cara tepat melatih perkembangan intelektual si kecil

2. Sering kali masyarakat kita mengasosiasikan lama tidur dengan tingkat kemalasan. Semakin lama waktu tidur berarti semakin tinggi tingkat kemalasanya. Hal ini mungkin bisa dibenarkan pada orang dewasa tapi tidak bagi anak-anak, karena masalah tidur tidak selalu berhubungan dengan tingkat kemalasan melainkan dengan tingkat kesehatan khususnya bagi si kecil.

3. Kurang tidur dapat menurunkan kecerdasan.  Itulah salah satu hasil riset yang dilakukan oleh peneliti di University of Virginia di Amerika Serikat. Mereka menemukan adanya hubungan antara anak-anak yang mengalami insomnia atau susah tidur dengan penurunan tingkat kecerdasan. Mereka juga menemukan adanya hubungan antara kurang tidur dengan menurunnya kemampuan si kecil dalam bersosialisasi dengan lingkunganya.

4. Hasil studi lain yang dilakukan oleh lembaga Jhon Hopkins Bloomberg School of Public Health menunjukan si kecil yang kurang tidur memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami kegemukan atau obesitas. Studi ini juga mengungkap bahwa 92 persen dari anak-anak yang kurang tidur cenderung mengalami kegemukan saat mereka dewasa dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan cukup waktu tidur.

Baca juga: 6 Tips mendorong skil motorik anak balita

5. Kurang tidur pada anak berhubungan dengan peningkatan resiko penyakit diabetes. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association, berkurangnya jam tidur sebanyak 2 jam per malam dalam waktu satu pekan dapat memicu resistensi insulin, yaitu hormon yang bertugas mengatur kadar gula dalam darah. Jika hal ini terjadi secara berulang dan dalam waktu yang lama maka dapat berakibat pada meningkatnya resiko terkena penyakit diabetes.

img source: huffingtonpost

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru