09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Fakta seputar tumbuhnya gigi permanen si kecil

KategoriKesehatan
Di lihat6159 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

mengenal pola pertumbuhan gigi permanen anak

Ketika si kecil menginjak usia 3 tahun, biasanya ia sudah memiliki gigi susu yang lengkap. Beberapa tahun kemudian, gigi susu ini akan tanggal dan digantikan oleh gigi permanen. Berikut adalah beberapa informasi penting yang perlu diketahui ayah bunda tentang tumbuhnya gigi permanen si buah hati.

Kapan gigi susu si kecil tanggal?

Baca juga: Manfaat sehat alpukat bagi si kecil

Sebagaimana peristiwa tumbuh gigi, tanggalnya gigi susu juga tidak dapat dipastika waktunya. Pada umumnya, gigi susu mulai tanggal pada saat anak berusia 6 tahun, namun bisa lebih awal pada si kecil yang mengalami tumbuh gigi susu di usia yang lebih muda. Gigi permanen muncul dari dasar gusi dan mendorong akar yang mendukung gigi susu sehingga membuatnya lepas. Gigi permanen juga bisa muncul di permukaan gusi sebelum gigi susu tanggal, namun hal ini jarang terjadi.

Pola pertumbuhan gigi permanen

Biasanya, gigi permanen yang pertama kali tumbuh adalah dua gigi seri pada rahan bawah, diikuti gigi seri rahang atas (seperti gigi susu). Bila gigi si kecil mulai tanggal sebelum ia berusia 4 tahun, hubungi dokter gigi karena hal ini bisa jadi merupakan tanda kerusakan gigi. Begitu pula bila gigi permanen belum tumbuh hingga ia berusia 8 tahun, segera hubungi dokter gigi untuk memperoleh saran medis.

Baca juga: Manfaat ajaib jagung manis bagi anak

Gigi si kecil mulai goyang?

Kadangkala gigi yang sudah goyang tanggal dengan sendirinya, misalnya ketika si kecil makan. Bila anak merasa terganggu dengan giginya yang goyang, arahkan ia untuk menggoyang gigi tersebut secara perlahan supaya lebih cepat tanggal. Akan tetapi, jangan memaksa melepas gigi yang belum siap.

Memaksa melepas gigi susu akan menyebabkan rusaknya akar gigi dan memberi tempat bagi bakteri untuk berkumpul di bekas tempat gigi susu yang tanggal. Hal ini bisa menyebabkan infeksi. Bila gigi yang goyang belum juga tanggal setelah beberapa bulan, hubungi dokter gigi karena hal ini berarti gigi harus dilepas oleh tenaga medis. Tumbuhnya gigi tetap terkadang menyebabkan rasa sakit pada mulut bagian belakang. Berkumur dengan air es bisa membantu meringankan rasa sakit ini.

Gigi permanen si kecil nampak besar?

Gigi permanen yang baru tumbuh mungkin terlihat lebih besar dibanding mulut anak yang masih kecil, sehingga membuatnya tampak sedikit lucu. Jangan khawatir, hal ini akan berlalu seiring pertumbuhan si kecil. Gigi permanen biasanya juga berwarna tidak seputih gigi susu dan sedikit bergelombang.

Baca juga: 7 Jenis makanan berserat tinggi untuk si buah hati

Gigi permanen akan lengkap setelah beberapa waktu

Gigi tpermanen membutuhkan waktu untuk lengkap lebih lama daripada gigi susu. Hal ini dikarenakan adanya 3 jenis gigi tetap, yaitu gigi tetap pertama (tumbuh pada saat usia 6 tahun), gigi tetap kedua (tumbuh pada saat usia 12 tahun), dan gigi paling belakang yang tumbuh pada saat seseorang berumur 16 hingga 20 tahun. Dia akhir masa remaja, gigi tetap akan berjumlah 32 buah dan berfungsi dengan baik dengan perawatan yang benar (menggosok gigi teratur dan kebiasaan makan yang baik).

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru