09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Hal “aneh” yang normal terjadi pada bayi

KategoriBayi
Di lihat1533 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

kondisi-kondisi pada bayi yang nampak aneh namun sebenarnya normal terjadi

Bagi ayah bunda yang baru pertama kali menimang si buah hati, tentu ada beberapa hal yang belum diketahui seputar mengurus dan membesarkan si mungil. Ayah bunda tak perlu khawatir, seiring dengan berlalunya waktu dan dengan banyaknya sumber informasi, ayah bunda pasti dapat melewati masa-masa adaptasi saat menjadi ayah bunda bagi si buah hati. Berikut adalah 5 hal seputar bayi yang mungkin membuat ayah bunda bertanya-tanya.

Baca juga: Komponen ajaib dalam air susu ibu

1. Cradle cap

Terkadang muncul kerak kekuningan mirip ketombe di kulit kepala si kecil, ini disebut cradle cap. Cradle cap sangat umum terjadi dan tidak berbahaya. Ini adalah sejenis ruam yang biasa terjadi pada kulit bayi. Untuk mengatasinya, oleskan baby oil pada bercak cradle cap setiap akan memandikan si kecil. Bila cradle cap menyebar dan bertambah parah, bunda bisa menghubungi dokter supaya si kecil mendapatkan perawatan khusus.

2. Suara mendengkur

Ayah dan bunda pasti sering mendengan bayi mengeluarkan suara seperti dengkuran. Ini disebabkan oleh saluran pernafasan bayi yang sempit sehingga mucus (lendir) terjebak di dalamnya dan mengeluarkan suara-suara. Bila muncul suara dengkuran, berarti kita perlu membersihkan saluran pernafasan bayi dengan nasal aspirator. Akan tetapi, perhatikan apakah bayi mengeluarkan dengkuran setiap kali bernafas. Bila demikian, ia mungkin mengalami kesulitan bernafas. Hubungi dokter segera supaya si kecil mendapat pertolongan.

Baca juga: Cara membuat buah kering untuk si kecil

3. Sering bersin

Bila si kecil terus menerus bersin padahal tidak sedang sakit, berarti ia sedang mencoba mengeluarkan benda asing yang masuk ke saluran pernafasannya. Intensitas cahaya yang tinggi juga bisa menyebabkan si kecil bersin-bersin, misalnya ketika ayah dan bunda mengajaknya keluar ketika cuaca sedang panas. Bila si kecil bersin disertai suara mirip siulan, konsultasikan dengan dokter anak untuk mengetahui apakah si kecil memiliki alergi atau hal lain yang mungkin membutuhkan perawatan khusus.

4. Bentuk kepala yang tidak biasa

Tulang kepala bayi yang masih lunak membuat bentuknya mudah berubah. Bentuk kepala yang tidak biasa mungkin tampak dari lahir atau setelah beberapa waktu setelah ia lahir. Menjelang kelahiran, bayi berusaha melewatkan kepala ke jalan lahir dan ini menimbulkan tekanan yang mempengaruhi bentuk kepala bayi. Terkadang pula, bentuk kepala bayi berubah karena terbiasa berbaring dengan posisi kepala yang tetap untuk waktu yang lama. Bila ini terjadi, sering-seringlah menggendong bayi supaya ia tidak berbaring terus. Pindak-pindahkan juga mainan di sekitar tempat tidurnya supaya ia melihat ke berbagai arah.

Baca juga: Inilah sumber vitamin D terbaik untuk si kecil

5. Darah pada popok

Darah di popok tidak selalu berarti adanya gangguan kesehatan khusus. Terkadang, bayi perempuan mengalami gejala “mirip” menstruasi. Di dalam kandungan, bayi menerima pengaruh dari hormon yang intens dari ibunya. Akibatnya, beberapa waktu setelah melahirkan ia mungkin mengalami lonjakan hormon esterogen sehingga mengalami gejala ini. Pada bayi laki-laki, darah bisa muncul bila ia dikhitan setelah lahir. Beberapa bayi lain, mengalami ruam yang juga bisa menimbulkan bercak darah pada popok. Meskipun hal ini normal, tapi ayah dan bunda tetap perlu berkonsultasi ke dokter untuk memastikan penyebab pasti adanya darah.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru