09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Hal yang wajib dilakukan jika si kecil mengidap alergi makanan

KategoriKesehatan
Di lihat695 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Cara mencegah dan mengatasi reaksi alergi makanan pada anak balita

Jika si kecil mengidap alergi makanan, ayah bunda perlu mengetahui jenis makanan apa yang menyebabkan alergi dan bagaimana cara menangani jika si kecil mengalami reaksi alergi. Meski alergi tidak dapat disembuhkan, mayoritas kasus alergi makanan dapat di kelola. Banyak anak dengan kasus alergi dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana anak lainya.

Alergi makanan terjadi ketika ada komponen atau bagian dari makanan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Secara tidak sengaja, tubuh menganggap bahan makanan tersebut sebagai racun, sehingga memicu timbulnya gejala alergi makanan. Gejala tersebut dapat langsung muncul saat terjadi kontak dengan makanan penyebab alergi (alergen), atau dapat pula memakan waktu beberapa hari sampai munculnya gejala alergi.

Alergi makanan berbeda dengan intoleran makanan, jika dalam kasus alergi makanan melibatkan reaksi imunitas dalam tubuh si kecil, kasus intoleran makanan tidak melibatkan reaksi imunitas tubuh. Intoleran makanan biasanya terjadi ketika tubuh si kecil tidak mempunyai enzim untuk mencerna bahan makanan tertentu sehingga memicu gejala intoleransi makanan.

Gejala yang sering muncul saat alergi makanan menyerang

1. Alergi reaksi cepat. Si kecil yang mengalami jenis alergi ini dapat mengalami gejala dalam waktu beberapa menit sampai 3 jam setelah terjadi kontak dengan alergen. Gejala yang sering kali nampak adalah: Kulit bengkak dan kemerahan, gatal pada mulut atau mata, muntah, sakit perut, diare, sesak nafas, muka bengkak termasuk pada bagian lidah, dan kerongkongan. Pada kondisi akut, reaksi alergi dapat memicu anapilaksis, yaitu kondisi bahaya yang dapat menimbulkan kematian jika tidak ditangani secara benar.

2.  Alergi reaksi lambat. Gejala alergi jenis ini biasa muncul setelah dua hari atau lebih setelah kontak dengan makanan penyebab alergi. Gejala-gejala yang biasa muncul adalah muntah, diare, dan sakit perut. Jenis alergi ini jarang menimbulkan reaksi kulit bengkak, gatal, dan kemerahan.

Cara mencegah dan mengatasi reaksi alergi makanan pada anak balita

1. Kenali makanan penyebab alergi. Jika si kecil mengalami gejala alergi makanan setelah mengkonsumsi jenis makanan tertentu, ayah bunda patut curiga. Jika perlu catat apa saja yang dimakan si kecil untuk mengidentifikasi penyebab reaksi alerginya. Makanan pemicu alergi bisa berupa udang, telur, kacang, dan jenis makanan lainya.

2. Hindari makanan penyebab alergi. Yang patut ayah bunda waspadai adalah komponen bahan makanan. Misalnya jika si kecil alergi terhadap kacang, hati-hati dengan produk olahan yang mengandung kacang seperti selai kacang, kue kacang, coklat dengan kacang, dan roti isi kacang. Pastikan ayah bunda membaca label makanan untuk memastikan kandungannya terbebas dari pemicu alergi.

3. Beri gelang label. Jika si kecil sudah mulai masuk playgroup, informasikan kondisi mereka pada pihak playgroup atau berikan gelang/kalung label yang menandakan bahwa si kecil alergi terhadap jenis makanan tertentu.

4. Hati-hati jika makan di luar. Terkadang kita tidak tau pasti, apa bahan baku yang digunakan dalam masakan yang kita pesan ketika makan diluar. Jika si kecil alergi terhadap udang, biasanya relatif mudah untuk menghindarinya, tapi jika si kecil alergi kacang ayah bunda harus waspada karena produk turunan kacang cukup banyak dan terkadang tidak tercantum dalam menu makanan.

5. Miliki rencana darurat. Konsultasikan dengan dokter apa penanganan terbaik jika si kecil mengalami reaksi alergi makanan. Apakah cukup diberikan antihistamin, atau sampai harus diberikan suntikan adrenalin? Selalu siapkan obat untuk pertolongan pertama di tempat yang mudah di akses, jika perlu bawa saat ayah bunda dan si kecil bepergian.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru