09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Jenis makanan dengan kadar Omega-3 tinggi untuk si buah hati

KategoriNutrisi
Di lihat3227 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Jenis makanan yang kaya akan kandungan Omega-3

Menurut situs Wikipedia, Omega-3 adalah salah satu jenis asam lemak yang diperlukan si kecil agar fungsi tubuhnya dapat bekerja secara optimal. Manfaat lain dari Omega-3, zat ini mampu meredakan peradangan dalam tubuh. Para ahli menemukan banyak kondisi penyakit yang berhubungan dengan peradangan seperti artritis dan beberapa jenis penyakit lainnya. Jenis asam lemak ini diketahui tidak bisa diproduksi tubuh sehingga diperlukan asupan dari luar.

Baca juga: Tips turunkan demam balita tanpa obat kimia

Beberapa fakta ilmiah menunjukan bahwa Omega-3 diperlukan si buah hati sejak dari awal mereka lahir bahkan saat mereka masih dalam kandungan. Si kecil dapat memperoleh zat tersebut salah satunya dari asupan ASI yang mereka terima. Karena kandungan Omega-3 dalam ASI dipengaruhi oleh jumlah asupan nutrisi yang dimakan bunda, sehingga para ahli merekomendasikan bunda untuk mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan asam lemak tersebut, terutama saat masa mengandung sampai masa menyusui.

Jenis makanan yang kaya akan kandungan Omega-3

1. Ikan laut. Salah satu alasan kenapa mengkonsumsi ikan laut sangat baik untuk kesehatan adalah kandungan Omega-3 nya yang tinggi. Beberapa jenis makanan yang berasal dari laut seperti ikan salmon, tuna, sarden, ikan cod, lobster, dan udang mengandung jenis asam lemak tersebut yang diperlukan tubuh si kecil dalam jumlah yang cukup tinggi.

2. Minyak nabati khususnya yang berasal dari flaxseed, canola, dan kedelai. Jenis minyak tersebut kaya akan kandungan asam alfa-linoleic yaitu jenis Omega-3 yang oleh tubuh akan dirubah menjadi EPA dan DHA.

Baca juga: Tips redakan gejala pilek si kecil secara alami

3. Kacang dan biji-bijian. Kacang merah, kedelai dan walnut adalah beberapa diantara sumber yang kaya akan kandungan Omega-3. Makanan yang dibuat dari kacang kedelai seperi tahu dan tempe juga merupakan sumber Omega-3 yang baik bagi si kecil.

4. Sayuran hijau. Beberapa jenis sayuran seperti bayam, bunga kol, dan brokoli diketahui mengandung Omega-3 dengan kadar yang cukup tinggi. Konsumsi jenis sayuran diatas dapat diberikan dalam bentuk jus atau dimasak seperti biasa.

5. Menurut situs WebMD, jenis makanna lain yang mengandung Omega-3 diantaranya adalah biji labu, oatmeal, cereal, dan minyak ikan cod. Beberapa jenis makanan yang terdapat di pasaran seperti margarin, yogurt, dan telur sudah diperkaya dengan penambahan Omega-3.

Baca juga: 16 Jenis nutrisi penting untuk balita

Bolehkan si kecil diberi supplemen Omega-3?

Meski para ahli lebih merekomendasikan makanan sehat yang mengandung jenis asam lemak tersebut, konsumsi suplemen Omega-3 mungkin dapat diperhitungkan dalam rangka memenuhi kebutuhan harian si kecil. Meski tidak ada resiko dalam mengkonsumsi suplemen Omega-3, ada baiknya ayah bunda bertatap muka dengan dokter untuk berkonsultasi terutama seputar dosis yang tepat sebelum memberikan suplemen tersebut pada si kecil

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru