09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Jenis makanan terbaik bagi bayi diatas 6 bulan

KategoriBayi
Di lihat1633 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

jenis makanan untuk anak bayi kaya zat besi

Usia 6 bulan adalah saat dimana si buah hati bisa mulai mengkonsumsi makanan semi padat. Diusia ini sebenarnya kebutuhan nutrisi mereka mayoritas masih didapat dari susu, baik ASI ( atau susu formula). Akan tetapi, memilih jenis makanan semi padat terbaik bagi si kecil juga penting, untuk melatihnya mengasup makanan padat dan melengkapi kebutuhan gizinya.

Baca juga: 8 Tanda saat si kecil mengalami infeksi telinga

Saat mereka siap mengecap makanan semi padat, ini adalah masa yang tepat untuk mengenalkan beragam jenis makanan. Mengenalkan beragam jenis makanan yang memiliki cita rasa serta tekstur yang berbeda sangat direkomendasikan para ahli agar saat mereka beranjak besar sudah terbiasa dengan beragam jenis makanan. Kebiasaan si kecil yang suka pilih-pilih makanan, dapat juga disebabkan karena saat mereka mulai mengecap makanan semi padat, mereka kurang dikenalkan dengan jenis-jenis makanan tertentu.

Panduan singkat seputar makanan semi padat

Sebagai panduan, pilih makanan semi padat pertama yang mengandung banyak zat besi. Zat besi penting bagi kesehatan sel darah merah dan merupakan ‘bahan bakar’ pertumbuhan. Bayi yang baru lahir memiliki cadangan zat besi pada tubuhnya yang cukup hingga usianya mencapai 6 bulan. Setelah usia tersebut, asupan zat besi dari luar sangatlah diperlukan, baik dari susu maupun beragam jenis makanan. Ada beberapa jenis bahan makanan yang dipercaya bagus bagi si kecil. Makanan-makanan ini mampu mencukupi kebutuhan zat besi dan zat-zat penting lain bagi si kecil. Berikut diantaranya:

Bahan makanan terbaik untuk si buah hati

1. Daging sapi dan domba

Zat besi dari produk hewani, seperti daging sapi, domba, maupun unggas lebih mudah diserap tubuh dibanding zat besi dari produk nabati atau tumbuhan. Karenanya, daging, baik sapi dan domba adalah salah satu pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Sebagai contoh, bunda bisa memberikan potongan halus daging yang dimasak perlahan dengan sayuran dan tomat yang dihancurkan sebagai asupan sehat lagi lezat bagi si kecil. Gunakan food processor agar serat daging benar-benar halus.

Baca juga: Cara alami redakan pilek pada anak

2. Wijen

BijiĀ  wijen kaya akan kandungan zat besi. Selain zat besi, wijen juga kaya akan magnesium, kalsium, protein, dan lemak tak jenuh yang sehat bagi tubuh si kecil. Karena bentuknya yang berupa biji, sebaiknya ayah bunda menghancurkan biji wijen tersebut dengan cara digerus sebelum ditambahkan kedalam bahan makanan si kecil. Jika si buah hati baru pertamakali makan wijen, berikan sedikit terlebih dahulu karena beberapa orang dapat mengalami alergi saat mengkonsumsi wijen.

3. Gandum

Khususnya varietas gandum kuno seperti Quinoa, Amaranth, dan Teff memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi dibanding serealia lain , seperti beras dan pasta. Bunda bisa membuat bubur dari Quinoa atau mencampurkan Quinoa dalam bubur bayi. Selain kandungan zat besinya, gandum juga kaya dengan serat yang bagus untuk pencernaan si kecil.

Baca juga: Tips penanganan luka memar pada anak

4. Kacang-kacangan

Kandunagn zat besi, protein serta serat yang tinggi pada kacang lentil membuatnya menjadi salah satu asupan yang baik bagi si buah hati. Sebagai contoh, bunda bisa memasukkan kacang lentil yang dididihkan bersama potongan halus wortel dan kaldu sayuran ke dalam menu si kecil.

5. Telur

Telur kaya akan zat besi, protein, dan vitamin B. Telur juga merupakan jenisn makanan yang sangat mudah divariasikan. Bila keluarga anda memiliki riwayat alergi, berikan sedikit telur pada si buah hati, jika tidak nampak gejala alergi, ayah bunda dapat meningkatkan jumlah sajianya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru