09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Jenis makanan untuk kesehatan dan kekuatan gigi si kecil

KategoriKesehatan
Di lihat3489 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Jenis makanan agar gigi si kecil sehat

Peran gigi bagi si kecil sangat sentral karena berkaitan langsung dengan kondisi asupan nutrisi harian mereka. Balita yang memiliki gangguan pertumbuhan atau kerusakan gigi, berpotensi mengalami hambatan pertumbuhan karena tanpa gigi yang sehat mereka tidak bisa mengunyah makanan dengan sempurna. Si kecil yang mengalami sakit gigi juga cenderung susah makan.

Kesehatan gigi si kecil sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang cukup, serta perawatan yang baik. Meski gigi anak balita bukan gigi permanen, tetap harus dirawat dengan baik karena bagus tidaknya gigi susu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan gigi permanen.

Baca juga: 6 Tips agar si kecil tidur nyeyak

Memberikan makanan sehat untuk pertumbuhan dan kekuatan gigi mereka sangatlah penting. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat ayah bunda berikan pada si kecil agar gigi mereka tumbuh sehat dan kuat.

1. Keju. Bahan hasil olahan susu ini terkenal akan kandungan unsur kalsiumnya yang tinggi. Kalsium diperlukan tubuh diantaranya untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Selain itu kandungan fosfat didalam keju membantu menyeimbangkan kadar keasaman mulut si kecil sehingga dapat menghambat resiko pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Keju khususnya jenis chedar dapat disajikan secara langsung sebagai cemilan atau dikombinasikan dengan makanan lainya.

2. Ubi jalar. Jenis makanan ini mengandung kadar vitamin A yang cukup tinggi dan vitamin A berperan penting dalam pembentukan enamel gigi. Bunda dapat menyajikan ubi jalar dengan cara dioven, digoreng, atau dikombinasikan dengan jenis bahan makanan lainya.

Baca juga: Sumber zat besi terbaik untuk balita

3. Jeruk. Termasuk buah-buahan lain yang kaya akan vitamin C seperti kiwi, papaya, manga, dan stroberi adalah buah-buahan yang direkomendasikan untuk diberikan pada si kecil setiap hari. Kandungan vitamin C nya yang tinggi membantu menjaga kesehatan gusi. Buah-buahan tersebut dapat diberikan secara langsung atau dalam bentuk jus.

4. Apel. Buah apel yang diberikan dalam bentuk potongan segar setelah makan jauh lebih baik daripada kue-kue manis. Selain mengadung vitamin, buah apel dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan kesehatan gusi. Daging buah apel yang bertekstur akan berperan seperti sikat gigi saat dimakan. Berikan buah apel sebagai cemilan diantara waktu makan mereka.

Baca juga: Fungsi dan sumber terbaik unsur magnesium untuk si kecil

5. Buah pir. Seperti halnya buah apel, pir mengandung kadar serat yang tinggi. Didalam mulut si kecil makanan kaya serat akan memicu pengeluaran cairan saliva atau ludah. Menurut hasil penelitian yang dilakukan di University of the Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan, buah pir mampu menetralkan kadar asam pada permukaan gigi sehingga dapat menghambat gigi berlubang atau keropos.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru