09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Jenis petualangan outdoor untuk balita bunda

KategoriKebugaran
Di lihat830 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

manfaat aktivitas outdoor untuk anak balita

Si kecil dan aktivitas outdoor adalah kombinasi yang cocok, mengingat sifat dasar anak-anak adalah aktif dan menyukai arena terbuka yang luas. Ayah bunda yang lahir di zaman sebelum gadget booming mungkin masih ingat semasa kecil banyak menghabiskan waktu dengan aktivitas-aktivitas outdoor seperti bermain petak umpet, lompat indah, naik pohon, gatrik, main layangan atau bahkan bererenang dan menangakap ikan di sungai.

Berbeda dengan jaman ayah bunda semasa kecil, anak-anak jaman sekarang memiliki opsi bermain yang lebih beragam terutama yang berhubungan dengan gadget seperti PC, laptop, tablet, playstation, dan lain sebagainya. Terkait gadget tersebut banyak para ahli yang mengingatkan para orang tua akan dampak negatif penggunaan perangkat tersebut jika digunakan tanpa kontrol.

Baca juga: Cara mengatasi biduran pada balita

Perangkat elektronik tersebut cenderung membuat si kecil menjadi lebih pasif secara fisik karena ‘memaksa’ mereka untuk duduk berlama-lama dihadapan layar monitor tanpa banyak bergerak. Disisi lain para ahli berpendapat bahwa aktivitas si kecil yang melibatkan gerak fisik di ruang terbuka dimana mereka dapat mendapatkan udara segar dan cahaya matahari, dapat membuat mereka lebih sehat baik secara mental dan emosional. Oleh karenanya menjadi sangat penting untuk memberikan porsi aktifitas outdor yang cukup meski hanya dihalaman atau sekitar rumah.

Alternatif kegiatan outdoor si kecil disekitar rumah

1. Bercocok tanam

Jika ayah bunda memiliki lahan kebun disekitar rumah, melibatkan si kecil dalam aktifitas bercocok tanam adalah ide yang bagus. Tak punya lahan kosong juga tak masalah karena ayah bunda dapat memanfaatkan media pot sebagai tepat berocok tanam. Bercocok tanam sayur mayur atau buah-buahan sekaligus mengajarkan si kecil bagaimana sumber makanan diproduksi. Saat masa panen datang, libatkan si kecil dalam petualangan memetik sayur dan buah, mereka akan senang mengikutinya.

Baca juga: Penyakit aneh yang dapat menyerang si kecil

2. Penjelajahan

Luangkan waktu dihari minggu pagi bersama keluarga untuk jalan sehat disekitar rumah. Jika memungkinkan kunjungi cagar alam atau hutan kota disekitar tempat tinggal ayah bunda agar si kecil dapat berinteraksi langsung dengan alam.kebun binatang, pantai, taman kota, atau kebun botani adalah beberapa alternatif lain yang bisa dipilih.

3. Berkemah

Sebagai permulaan ajak si kecil untuk berkemah dibelakang rumah. Siapkan tempat yang nyaman dan menarik. Saat malam menjelang, manfaatkan momen untuk berkumpul didepan api unggun sambil membacakan si kecil buku-buku petualangan. Biarkan mereka merasakan semilir angin, mendengar suara binatang malam, melihat bulan dan bintang, serta larut dalam alur petualangan dari buku yang dikisahkan ayah bunda.

Baca juga: Rahasia si jagung manis untuk kesehatan balita bunda

4. Mengumpulkan benda

Anak-anak senang mengkoleksi benda-benda yang mereka temukan. Saat berwisata ke pantai ajak mereka untuk mengumpulkan batu koral, karang, atau kulit kerang yang terserak dipinggir pantai. Atau saat berpelualang ditaman kota, lakukan pengambilan foto dari bunga atau tanaman menggunakan kamera atau smartphone ayah bunda.

5. Permainan harta karun

Jenis permainan ini sangat menyenangkan apalagi dilakukan secara outdoor. Letakan coklat atau mainan si kecil di suatu tempat yang tersembunyi kemudian buat beberapa petunjuk yang mengarahkan untuk ditemukan si kecil. Pandu dan dorong mereka untuk mengeksplor lokasi-lokasi informasi untuk menemukan harta karun mereka.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru