09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Kebiasaan balita yang mungkin membuat bunda kesal

KategoriParenting
Di lihat1252 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bagaimana cara mengatasi anak balita yang suke menggigit, mencoret-coret dinding, merengek, dan manja?

Sangat wajar bila balita ayah bunda suka melakukan sesuatu yang terkadang membuat bunda kurang senang, seperti mencoret-coret dinding, pilih-pilih makanan, merengek, hingga suka menggigit. Itu semua mereka lakukan karena si kecil belum mengerti akibat dari yang ia lakukannya.

Sebagai orang tua yang bijak, ayah bunda harus menghadapi kondisi tersebut dengan tepat. Hardikan atau bahkan hukuman berupa tindakan fisik, dipercaya kurang efektif menghentikan kebiasaan si kecil tersebut. Berikut adalah beberapa kebiasaan balita yang mungkin membuat sebagian bunda kurang sreg dan tips bagi bunda untuk menanganinya.

Baca juga: Cara tepat menangani buah dan sayuran

1. Mencoret-coret benda-benda

Si kecil mungkin adalah calon seniman besar di masa depan. Ia sangat suka menggoreskan crayon, spidol, atau alat tulis apapun yang ia temukan pada dinding, pintu, atau permukaan meja. Memang wajar bila balita gemar mencoret-coret berbagai benda di rumah sebagai bentuk tingginya imajinasi dan kreativitasnya. Akan tetapi, bagi sebagian bunda ini bukan tindakan tepat.

Karena usianya yang masih belia, si kecil mungkin belum bisa memahami maksud dari peraturan yang bunda sampaikan, salah satunya tentang mencoret-coret benda-benda di rumah. Karena itu, yang paling penting adalah tetap melakukan pengawasan terhadap si kecil, memberikan media lain untuk menyalurkan bakatnya, misalnya dengan memberikan kertas atau papan tulis, dan menjauhkan alat-alat yang bisa digunakan si kecil untuk mencoret-coret dinding.

2. Mengulang-ulang

Mengulang-ulang lagu atau buku yang disukai si kecil adalah bagian dari pembelajaran. Melaluinya si kecil belajar tentang bahasa, ritme, dan gambar-gambar. Pengulangan-pengulangan ini mungkin membuat ayah dan bunda bosan, namun ingatlah bahwa ia sangat penting bagi perkembangan si kecil. Bila si kecil sudah lebih besar, barulah kita bisa memberikannya buku atau lagu lain.

Baca juga: Tips menangani flu si kecil di rumah

3. Tidak sabaran

Bunda mungkin sering menemukan bahwa si kecil seringkali tidak bisa menunggu untuk menceritakan apa yang ditemukannya sepanjang hari. Bahkan, ia mungkin tidak bisa menunggu selama 10 menit saja hingga bunda selesai menelepon. Bila si kecil mulai tidak sabaran, katakan bahwa bunda sangat ingin mendengar ceritanya, segera setelah selesai menelepon, misalnya. Jangan meninggalkan pekerjaan bunda setiap si kecil ingin bicara karena ini akan memperparah sifat tidak sabaran dan menimbulkan sikap manja.

4. Suka merengek

Merengek adalah kebiasaan yang kurang baik, bahkan bagi balita yang masih kecil. Ketika si kecil mulai merengek karena menginginkan sesuatu, jangan berikan apa yang ia inginkan dengan mudahnya. Sebaliknya, katakan bahwa bunda tidak bisa mengerti apa yang ia inginkan bila ia merengek. Ajarkan ia mengatakan keinginannya dengan cara yang lebih baik dan sopan.

Baca juga: Tips menangani luka memar si buah hati

5. Menggigit

Balita berusia 9 hingga 18 bulan biasanya suka menggigit sebagai bentuk eksperimen. Bila si kecil masih suka menggigit di usia yang lebih besar, kita perlu mengenali penyebab ia suka menggigit untuk kemudian mengatasinya. Si kecil menggigit bisa karena marah, lelah, atau tumbuh gigi. Bila si kecil menggigit anak lain, segeralah bertindak dan mintalah maaf  kepada orang tua si anak. Karena kalau tidak, orang tua lain bisa beranggapan bahwa kita tidak peduli dan tidak mengajarkan adab yang benar kepada si kecil. Jangan lupa untuk mengajarkan kepada anak-anak untuk minta maaf setelah menggigit orang lain, tentunya setelah ia lebih tenang. Hal ini penting untuk mengajarkan empati.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru