09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Kesalahan umum orang tua terhadap bayi pertama mereka

KategoriParenting
Di lihat548 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

5 kesalahan umum ayah bunda dengan bayi baru

Semua orang tua pernah berbuat salah dalam memperlakukan anak pertama mereka, dan hal itu wajar karena memahami seni mendidik dan membesarkan anak secara benar tidak semudah membalikan telapak tangan. Diantara sekian banyak kesalahan umum yang dilakukan ayah bunda yang baru pertamakali memiliki buah hati, berikut adalah 5 diantaranya:

1. Mudah panik. Adalah suatu hal yang lumrah jika ayah bunda merasa was-was jika melihat si kecil muntah, menangis tiba-tiba, atau mengelurkan ludah dari mulutnya. Menurut para ahli adalah suatu hal yang umum jika di thun pertama bayi mereka, orangtua menghabiskan waktu dan perhatian mereka pada hal-hal kecil yang umum terjadi pada bayi, dan ini adalah bagian dari proses pendidikan untuk menuju ayah bunda yang lebih bijak. Ayah bunda memang harus selalu waspada terhadap kondisi sibuah hati yang baru lahir, namun upayakan untuk tidak mudah panik, ya.

2. Anti tangisan keras bayi. Banyak ayah bunda yang mengasosiasikan tangisan bayi sebagai indikator bahwa bayi sedang kesakitan. Perlu ayah bunda ketahui bahwa tangisan adalah salah satu cara bayi berkomunikasi dengan dunia luar, dan tidak selalu identic dengan masalah atau sakit. Bayi dapat menagis keras dia merasa lapar, atau merasa terganggu tidurnya. Ayah bunda patut untuk was-was jika sibuah hati menangis dan tidak dapat didiamkan selama satu jam, apalagi jika disertai dengan muntah berulang, demam, atau ruam pada bagian tubuhnya. Segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat.

3. Kurang peduli dengan demam. Para akhi kesehatan anak menegaskan, jika bayi anda yang berusia dibawah 3 bulan mengalami demam dengan suhu 38oC atau lebih ketika diukur melalui anus, itu tandanya bunda harus sigap membawa si buah hati untuk mendapatkan pemeriksaan medis. Ayah bunda tidak perlu tertalu khawatir jika demam mulai muncul setelah si bayi mendapatkan suntikan imunisasi, tapi kalau demam tersebut muncul tiba-tiba dan disertai gejala lain seperti muntah, menolak jika diberikan ASI, atau ruam pada kulit, itu artinya bunda harus berkonsultasi dengan dokter.

4. Mengabaikan perawatan gusi dan gigi. Menjaga kebersihan mult bayi bahkan sebelum tumbuh gigi, berpengaruh secara langsung terhadap kesehatan gigi pada saatnya mereka tumbuh. Bersihkan gusi bayi menggunakan kain halus jika giginya belum tumbuh. Kenalkan dengan sikat gigi agar mereka terbiasa menjaga kebersihan gigi dari semenjak balita. Tips lain untuk menjaga kesehatan gigi si buah hati diantaranya: Jangan berikan susu (formula) pada saat bayi menjelang tidur. Kandungan gula pada susu formula dapat meningkatkan resiko kerusakan gigi.

5. Mudah mempercayai informasi tanpa dasar yang kuat. Hati-hati dengan beragam informasi dan saran yang ayah bunda temukan baik melalui media internet maupun media lainya. Jika ayah bunda mencari informasi tentang konsisi kesehatan si kecil, lakukan kajian mendalam dari berbagai sumber, konsultasikan apa yang didapat dengan pakar kesehatan jika memungkinkan. Jangan menelan bulat-bulat informasi yang didapat tanpa ada dasar yang kuat dan ilmiah.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru