09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Kondisi pada ibu hamil akibat kurang unsur kalsium

KategoriKehamilan
Di lihat18875 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

kondisi akibat ibu hamil kekurangan asupan kalsium

Kalsium adalah salah satu unsur penting yang harus ada dalam menu makanan bunda selama masa kehamilan, terutama pada trimester kedua dan ketiga. Kalsium bermanfaat utnuk pertumbuhan tulang janin. Bila asupan kalsium selama masa kehamilan kurang, janin akan mengambil kalsium dari tulang ibunya, sehingga membuat sang ibu rawan terkena osteoporosis. Gangguan kesehatan yang mungkin dialami ibu yang kekurangan kalsium selama masa kehamilan, antara lain:

Baca juga: Informasi seputar nfeksi telinga pada bayi

Dampak ibu hamil kurang kalsium

1. Seperti disebutkan di atas, bila ibu hamil kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, janin akan mengambil kalsium dari tulang bunda. Akibatnya, tulang ibu akan lebih mudah keropos.

2. Kram selama kehamilan. Kram selama kehamilan bisa disebabkan oleh kekurangan kalsium, selain rendahnya kadar potasium, tingginya kadar fosfor, dan beban kehamilan yang semakin besar sehingga menekan persyarafan. Untuk mengurangi kram pada kaki, bunda bisa melakukan peregangan ringan pada kaki dan menggerak-gerakkan telapak dan jari-jari kaki. Selain itu, bunda bisa melemaskan kaki dengan menghangatkan bagian yang sakit.

3. Pertumbuhan tulang janin tidak sempurna. Kekurangan kalsium selama masa kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dengan kondisi tulang yang tidak normal atau keropos.

4. Pertumbuhan bayi terganggu. Kekurangan kalsium pada masa kehamilan ternyata juga berpengaruh pada perkembangan bayi pasca-kelahiran, misalnya terlambatnya si kecil belajar duduk dan merangkak. Ada pula bayi yang ubun-ubunnya terlambat menutup akibat kekurangan kalsium. Selain tiu, kekurangan kalsium selama masa kehamilan bisa menjadi faktor yang menyebabkan rakitis atau penyakit tulang pada buah hati.

Baca juga: Fakta penting seputar susu formula

5. Kalsium bisa bunda dapatkan dari makanan yang diasup sehari-hari. Makanan yang kaya kalsium misalnya produk susu, daging, sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, dan telur. Ibu hamil yang vegetarian bisa memperoleh kalsium dari sumber kalsium non-hewani atau dapat juga dari suplemen kalsium.

Tips memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan

Selain dari susu dan produknya, kalsium bisa didapatkan dari ikan kalengan, sayuran berdaun hijau gelap, kedelai dan produk-produknya, serta kacang-kacangan dan biji-bijian. Berikut adalah cara mudah utnuk memaksimalkan asupan kalsium bunda selama kehamilan.

1. Makanlah yogurth sebagai camilan. 200 gram yogurth dapat menyediakan 300 hingga 500 mg kalsium.

2. Makanlah ikan sarden yang bertulang seperti sarden atau salmon untuk sarapan pagi. 100 gram ikan sarden kalengan mengandung sekitar 400 mg kalsium, hampir setengah kebutuhan kalsium bunda.

3. Minumlah jus buah yang dicampur dengan susu sapi atau susu kedelai. Tiap 250 ml susu sapi atau susu kedelai dapat menyediakan hingga 200 – 300 mg kalsium yang penting bagi kesehatan bunda dan si kecil. Selain kalsium, jus buah yang dicampur dengan susu sapi atau susu kedelai akan melengkapi menu makanan bunda dengan vitamin dan mineral esensial bagi tubuh.

Baca juga: Tips aman memotong kuku bayi

4. Konsumsilah tumisan sayuran yang terbuat dari sayuran hijau dan tahu untuk memenuhi jumlah kalsium yang diperlukan selama masa kehamilan.

5. Kalsium dari keju (300 mg kalsium tiap 40 gramnya), buah ara kering(sekitar 150 mg kalsium tiap 4 buahnya), dan almond (75 gram kalsium pada setiap 15 biji) dapat menyediakan asupan kalsium yang cukup tinggi. Makanlah keju, ara kering, dan almond sebagai camilan sehari-hari selama masa kehamilan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru