09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Langkah tepat menangani si kecil yang terkena cacar air

KategoriKesehatan
Di lihat1323 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

agar si kecil cepat sembuh dari cacar air

Menurut situs Wikipedia penyakit cacar air disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Oleh para ahli penyakit ini dikelompokan kedalam penyakit yang sangat mudah menular beberapa cara diantaranya melalui partikel cairan yang dikeluarkan mulut penderita melalui batuk, bersin, atau berbicara.

Virus pada partikel cairan tersebut dapat masuk kedalam tubuh orang sehat melalui udara ataupun kontak fisik. Untuk menghindari penyebaran penyakit, si buah hati yang terjangkit virus ini harus tinggal di rumah dan sebisa mungkin dipisahkan dari yang lain untuk membatasi penyebaran penyakit.

Baca juga: Tips mengajarkan si kecil cuci tangan yang benar

Gejala khas dari penyakit ini adalah munculnya binti-bintik merah pada tubuh yang kemudian berubah menjadi ruam. Beberapa gejala umum lainya yang sering muncul pada anak yang terjangkit cacar air adalah demam, lemah, pilek, nyeri sendi, sakit kepala, dan pusing. Ruam kulit tersebut biasanya disertai dengan rasa gatal dan panas sehingga sering tergaruk tampa sengaja. Setelah kering ruam tersebut akan mengering dan terlepas meninggalkan bercak di kulit yang lebih gelap.

Jika si buah hati mengalami gejala-gejala diatas, segera bawa ke dokter terdekat untuk memastikan sumber penyakit. Untuk diketahui, infeksi cacar air disebabkan oleh virus jadi tidak bisa diobati dengan antibiotik. Rata-rata si kecil akan membutuhkan waktu 10-21 hari untuk sembuh dari penyakit tersebut, berkantung kepada kondisi kekebalan tubuhnya. Penanganan medis yang dilakukan biasanya fokus pada meredakan gejala-gejala. Berikut adalah 5 langkah tepat dalam merawat si kecil yang terkena cacar air:

Baca juga: Kenali jenis termometer pengukur panas si kecil berikut ini

1. Untuk menurunkan panas dan meredakan nyeri otot, ayah bunda dapat memberikan si kecil parasetamol sesuai dengan anjuran pamakaian. Khusus si kecil yang berusia dibawah 1 tahun, pemberian obat-obatan harus dibawah pengawasan dokter anak. Bagi si buah hati yang alergi dengan parasetamol, ayah bunda dapat memberikan ibuprofen.

2. Pastikan si kecil mendapatkan asupan cairan yang banyak beserta nutrisi yang cukup dan berimbang. Jika si kecil masih minum ASI, berikan sesering mungkin. Pemberian cairan akan mencegah si kecil dari dehidrasi sedangkan asupan nutrisi yang cukup dan berimbang berperan dalam mengembalikan sistem  kekebalan tubuh agar bekerja optimal.

3. Untuk meredakan gatal akibat bintik merah, ayah bunda dapat memeberikan lotion kalamin. Khusus si kecil dengan usia diatas satu tahun, untuk meredakan gatal-gatal yang sangat menganggu dokter biasanya akan meresepkan antihistamin. Obat tersebut dapat menimbulkan efek ngantuk sehingga dapat membantu si kecil beristirahat.

Baca juga: Tips mengatasi batuk pilek tanpa obat kimia

4. Pastikan ayah bunda memakaikan pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat. Pakaian berbahan katun adalah pilihan tepat bagi si kecil karena tidak menimbulkan panas dan dapat menyerap keringat dengan baik.

5. Untuk meminimalisir dampak garukan pada kulit si kecil yang terkena bintik merah atau ruam, pastikan kuku si kecil di potong pendek. Menggaruk ruam selain dapat menimbulkan bekas permanen juga dapat menyebarkan virus yang berasal dari cairan ruamnya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru