09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Manfaat ajaib biji oat bagi balita ayah bunda

KategoriNutrisi
Di lihat5235 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Manfaat tersembunyi dibalik biji oat

Anak usia balita mengalami laju pertumbuhan fisik yang pesat, disamping aktivitas sehari-hari mereka yang banyak menghabiskan waktu dan energi untuk aktifitas belajar, dan bermain. Semua kegiatan tersebut memerlukan dukungan sumber energi dan nutrisi yang prima, dan inilah yang mejadi alasan utama kenapa ayah bunda harus memberikan jenis makanan terbaik dengan porsi yang cukup dan menu berimbang bagi mereka.

Baca juga: 7 Makanan super untuk balita

Diantara ragam jenis makanan yang direkomendasikan untuk si kecil, ada satu jenis sumber makanan dari kelompok biji-bijian yang diklaim para ahli bagus diberikan untuk si kecil yaitu biji oat atau dikenal juga dengan sebutan havermut. Tanaman oat dikelompokan sebagai jenis padi-padian dan dipasarkan dalam bentuk beragam termasuk oat flakes, sereal, biji, atau bentuk olahan lainya.

Kandungan nutrisi biji oat

Yang menyebabkan jenis makanan ini begitu istimewa adalah kandungan nutisinya. Dibandingkan dengan beras, gandum, dan jagung, oat dinilai lebih kaya akan protein, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, unsur zinc, mangan, vitamin B1, vitamin E, dan asam folat. Komponen lain yang menjadi kelebihan oat adalah kandungan serat dan karbohidrat kompleks-nya.

Karbohidrat kompleks dicerna secara perlahan sehingga mampu mensuplai energi lebih lama, sedangkan kandungan seratnya yang terdiri dari serat larut (soluble fiber) dan serat tak larut (insoluble fiber) masing-masing memiliki peran penting bagi tubuh si kecil. Serat tak larut membantu proses pencernaan dan menghindari sembelit, sementara serat larut atau juga dikenal dengan nama beta glucan yang dalam jangka panjang terbukti secara ilmiah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca juga: Menurunkan demam anak tanpa obat kimia

Manfaat tersembunyi dibalik biji oat

1. Memaksimalkan fungsi otak. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Tufts University, mengungkap bahwa anak yang sarapan pagi dengan sereal oat 20 persen lebih mampu mengerjakan tugas yang memerlukan fokus dan daya ingat. Diduga hal ini karena oat mampu mensuplai energi ke otak lebih lama dibanding jenis makanan lainya.

2. Meningkatkan imunitas. Menrut sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan italia yang dipublikasikan di Minerva Med tahun 2009, beta glukan yang terkandug dalam biji oat mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh si kecil dalam menghadapi serangan virus, jamur, bakteri, dan parasit lainnya.

3. Menurunkan resiko diabetes tipe 2. Sebuah penelitian yang dilakukan di Mannheim, Jerman, mengungkap bahwa konsumsi oat secara rutin pada pasien pengidap penyakit diabetes tipe 2 selama 4 minggu berturut-turut, mampu menurunkan rata-rata dosis penggunaan insulin sebanyak 40 persen.

Baca juga: 5 Solusi jika nafas si kecil bau

4. Menurunkan resiko penyakit asma. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam the British Journal of Nutrition, bulan Januari tahun 2010 mengungkap bahwa anak yang mengkonsumsi oat sejak dini cenderung memiliki resistensi lebih tinggi terhadap penyakit asma.

5. Menjaga kesehatan pencernaan. Sebagaimana disebut sebelumnya, kandungan serat tak larut pada oat mampu menjaga kesehatan pencernaan si kecil termasuk menghindarkan mereka dari gejala sembelit seperti susah buang air besar atau BAB tidak teratur, dan perut kembung.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru