09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Manfaat lain dari madu yang mungkin ayah bunda belum tau

KategoriNutrisi
Di lihat968 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Rahasia khasiat madu bagi balita

Siapa yang tak tau madu, bahan pemanis alami, kaya akan nutrisi termasuk asam amino essensial yang diperlukan untuk pertumbuhan si kecil. Telah banyak penelitian yang mengungkap khasiat luar biasa madu terutama untuk kesehatan. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh ahli dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi di Bogor, Y. Widodo, diketahui bahwa pemberian madu secara rutin pada balita dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menambah nafsu makan mereka.

Baca juga: 7 Bahan alami untuk redakan gejala sakit si kecil

Selain bagus untuk daya tahan tubuh, rasa madu yang manis dapat digunakan sebagai alternatif pemanis selain gula. Kelebihan madu dibanding gula ada pada kandungan nutrisi dan tipe gulanya. Di dalam tubuh gula pasir dicerna lebih cepat dibanding madu. Secara sederhana madu dapat mensuplai tenaga lebih lama dibanding dengan gula pasir.

Selain beberapa manfaat di atas, madu juga mempunyai banyak khasiat lain sehingga penggunaannya tidak terbatas sebagai bahan pemanis alami saja. Berkut adalah beberapa khasiat lain dari madu khususnya bagi anak balita.

1. Antiseptik alami. Madu mempunyai karakter antiseptik yaitu mampu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu. Dengan sifat tersebut madu dapat dimanfaatkan sebagai bahan pertolongan pertama pada luka potong maupun luka bakar ringan. Untuk luka potong dan luka bakar ringan, oleskan madu pada bagian luka yang sudah dibersihkan kemudian tutup bagian yang luka dengan perban. Lakukan penggantian perban setiap 24 jam.

Baca juga: Resep pancake selai stroberi untuk si buah hati

2. Meredakan sembelit dan perut kembung. Madu mempunyai efek laksatif atau melancarkan pencernaan sehingga dapat dimanfaatkan untuk meredakan atau mencegah sembelit dan perut kembung pada balita. Tambahkan 1-2 sendok makan madu dengan segelas teh atau air jeruk hangat untuk meredakan gejala perut kembung.

3. Menjaga kelembaban kulit. Jika kulit si kecil kering dan pecah-pecah, bunda dapat mengoleskan madu pada bagian kulit mereka yang kering, diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

4. Meredakan gatal. Madu dipercaya dapat meredakan rasa gatal dan iritasi yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk. cukup oleskan madu asli pada bagian tubuh si kecil yang terkena gigitan nyamuk atau serangga lainya.

Baca juga: 7 Jenis sayuran terbaik untuk bahan jus

5. Meredakan radang tenggorokan. Madu sudah terbukti secara ilmiah dapat meredakan gejala batuk dan radang tenggorokan ringan akibat flu atau pilek. Menurut situs care2.com, dalam sebuah penelitian yang melibatkan 110 orang anak di Amarika Serikat, menunjukan bahwa pemberian satu sendok takar madu murni sama efektifitasnya dengan pemberian obat jenis dextromethorphan dalam meredakan gejala batuk ringan serta membantu si kecil tertidur lelap.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru