09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Persiapan sebelum membawa bayi ke rumah

KategoriPersalinan
Di lihat664 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips dalam menyambut kehadiran bayi yang segera datang dari rumah bersalin

Kelahiran bayi membutuhkan berbagai persiapan, termasuk mempersiapkan kondisi rumah yang ideal, mempersiapkan anggota keluarga lain, dan persiapan untuk menerima para tamu. Untuk itu, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan mengenai persiapan menyambut si kecil di rumah.

1. Membersihkan rumah

Sebelum membawa bayi yang baru lahir ke rumah, rumah memang perlu dibersihkan secara menyeluruh. Akan tetapi, hindari penggunaan cairan pembersih yang keras dan spray anti-serangga karena bisa meninggalkan zat kimia berbahaya yang bisa mempengaruhi kesehatan bayi yang baru lahir.

Baca juga: Tanda si kecil mengalami serangan flu

2. Menjauhkan rumah dari asap rokok

Kita semua tahu bahwa efek dari zat kimia dalam rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Zat-zat tersebut bahkan lebih berbahaya lagi bila terhirup oleh bayi yang baru lahir, terutama yang mengalami gangguan pernafasan. Zat-zat kimia berbahaya dalam rokok disebut-sebut dapat mengganggu pertumbuhan paru-paru bayi, mengganggu fungsi paru-paru, dan dapat meningkatkan resiko bayi terkena infeksi saluran pernafasan.

Selain itu, asap rokok juga dikaitkan dengan infeksi telinga, pneumonia, bahkan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Untuk itu, jagalah rumah, khususnya area dimana bayi biasa hidup dari asap rokok. Ingatkan seluruh anggota keluarga dan teman yang mungkin berkunjung untuk tidak merokok di sekitar bayi dan di area tempat bayi biasanya menghabiskan waktu, seperti di mobil.

3. Persiapan yang berkaitan dengan hewan peliharaan

Persiapkan pula hewan peliharaan untuk menerima anggota keluarga baru. Bawa pulang selimut atau pakaian bayi dari rumah sakit supaya hewan peliharaan di rumah bisa mengenali baunya sebelum si kecil dibawa pulang. Untuk lebih amannya, setelah si kecil di rumah, jangan membiarkan kucing atau anjing berkeliaran di sekitarnya tanpa pengawasan.

Baca juga: Bahaya empeng bagi si buah hati

Untuk mencegah terjadinya iritasi pada saluran pernafasan bayi akibat bulu hewan, jangan biarkan hewan peliharaan berkeliaran di sekitar tempat tidur bayi. Bila bayi sudah cukup besar untuk berbaring di luar tempat tidurnya, jangan lupa memberi alas dibawah tubuh bayi supaya debu, bulu hewan, atau serat karpet tidak mengiritasi saluran pernafasan bayi. Lebih baik, berkonsultasilah ke dokter untuk mengetahui tindakan-tindakan yang perlu dilakukan untuk mengamankan bayi bila ada hewan peliharaan di rumah.

4. Mempersiapkan si kakak untuk kedatangan adik bayi

Mempersiapkan si kakak untuk datangnya anggota keluarga baru juga sangatlah penting. Berikan gambaran kepadanya tentang bagaimana rasanya menjadi seorang kakak. Bila perlu, belilah buku bergambar yang bercerita mengenai bagaimana rasanya memiliki adik dan bacalah bersamanya. Ini bisa membantu si kakak memahami apa yang mungkin terjadi bila si adik sudah di rumah. Setelah sang bayi lahir dan di bawa ke rumah, jangan lupa untuk meluangkan sedikit waktu setiap harinya khusus untuk si kakak.

Tanyakan bagaimana perasaannya setelah ia memiliki seorang adik. Hal ini bisa mencegah si kakak rewel karena iri pada adiknya yang baru lahir. Bacalah juga buku-buku perenting yang membahas tentang bagaimana mempersiapkan si kakak untuk kelahiran saudara barunya.

Baca juga: Inilah penyebab si kecil menangis terus

5. Mempersiapkan datangnya tamu dan sanak saudara

Kelahiran si kecil pasti merupakan kabar gembira bagi semua kerabat dan teman. Akan tetapi, penting pula untuk membatasi jumlah tamu yang datang setiap harinya karena ayah dan bunda pasti membutuhkan waktu lebih untuk mengurus bayi. Penting juga untuk tidak membiarkan si kecil disentuh banyak orang selain keluarga dekat yang membantu mengurus bayi karena bisa menyebabkan bayi rewel akibat terlalu banyak mendapat stimulasi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru