09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Pola makan agar berat badan ideal setelah melahirkan

KategoriMenyusui
Di lihat2197 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips pola makan menurun berat badan setelah kehamilan

Umumnya ibu yang sedang hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 10-13kg, bergantung pada ukuran si janin dan berat sebelum kehamilan. Setelah melahirkan, tentu bunda ingin mengembalikan berat badan seperti semula.Para ahli mengatakan tidak ada resep rahasia untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan dengan aman, kecuali makan makanan sehat, rajin berolah raga, dan sedikit kesabaran.

Baca juga: Kegiatan bermain murah meriah untuk bayi

Mengembalikan berat badan setelah kehamilan tidak hanya membuat bunda lebih percaya diri, namun dari kaca mata medis, mengkoreksi angka bobot badan ke angka ideal akan membuat bunda menjadi lebih sehat, gesit, dan bahagia.

Perhatikan pola makan

Porsi asupan nutrisi bunda selama masa kehamilan lebih banyak dari biasanya, hal ini memang direkomendasikan karena bunda juga harus menyediakan kebutuhan nutrisi si janin agar mereka dapat berkembang dengan optimal.

Setelah persalinan, makanan sehat tetap penting, terutama saat bunda memberikan ASI ekslusif pada si buah hati. Memilih jenis makanan yang tepat adalah kunci penting bagi bunda yang sedang dalam program penurunan berat badan setelah melahirkan, berikut adalah tips seputar pola nutrisi bunda:

1. Hindari junk food. Ini sudah jelas, junk food adalah jenis makanan termasuk minuman yang kaya kalori namun miskin nutrisi, sehingga bunda yang dalam program menurunkan bobot badan paska kehamilan harus mencoret semua jenis makanan ini dari daftar menu harianya. Hindari menyimpan cemilan tidak sehat dirumah agar bunda tak tergoda untuk memakanya.

Baca juga: Tips memijat bayi dengan benar

2. Fokus pada buah, sayur, dan biji-bijian. Kelompok makanan sehat ini menyediakan nutrisi termasuk vitamin dan mineral bagi tubuh bunda. Kelebihan lainya mereka mengandung serat cukup tinggi untuk kesehatan sistem pencernaan bunda.

3. Makan saat merasa lapar. Kendalikan keinginan untuk makan dan ngemil, atur pola makan dan biasakan menepati jadwal makan. Jika menghilangkan kebiasaan ngemil agak susah dihilangkan, sibukan bunda dengan berbagai aktivitas meski sekedar mengajak si kecil jalan-jalan, membaca majalah, atau bertemu dengan teman-teman.

4. Jangan menunda makan. Saat jam makan tiba, pastikan bunda makan agar tubuh mendapatkan nutrisi penting. Jika bunda masih lapar konsumsi cemilan sehat diantara waktu makan berat.

5. Hindari diet ekstrim. Terlebih bagi bunda yang menyusui, perlu diperhatikan bahwa keinginan untuk menurunkan berat badan jangan sampai mengurangi asupan nutrisi harian secara ekstrim. Tingkat kandungan nutrisi pada ASI yang diberikan bunda pada si kecil juga bergantung pada asupan makanan yang bunda makan.

Baca juga: Pola makan bayi yang sedang diare

6. Temui ahli. Untuk lebih pastinya, bunda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi. Diskusikan dengan mereka seputar tujuan bunda untuk menurunkan berat badan setelah kehamilan, dan minta rekomendasi mereka khususnya seputar pola makan yang benar.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru