09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Strategi mengatasi si kecil yang sering mengompol

KategoriParenting
Di lihat990 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apa yang harus dilakukan ayah bunda agar si buah hati tidak ngompol lagi saat malam hari?

Ketika si kecil memulai toilet training dan mulai berhenti menggunakan popok, adalah wajar bila ia mengompol di malam hari. Beberapa balita berhenti mengompol ketika memasuki usia 2 tahun, namun beberapa masih melakukannya hingga usia di atas 5 tahun. Mengompol bisa disebabkan banyak hal. Beberapa yang paling umum, antara lain kapasitas kandung kemih yang kecil, produksi urin yang lebih banyak pada malam hari, tidur yang sangat nyenyak, dan konstipasi.

Baca juga: Tanda saat si kecil mengalami keterlambatan bicara

Tips mencegah si kecil ngompol di malam hari

1. Usahakan si kecil cukup minum. Terkadang, balita yang baru disapih mengalami kurang minum. Minum cukup membantu menjaga fungsi kandung kemih tetap baik. Namun, hindari terlalu banyak minum di malam hari.

2. Hindari memberikan makanan atau minuman berkafein kepada si kecil. Kafein adalah salah satu zat yang bisa merangsang peningkatan produksi urin (zat diuretik). Makanan dan minuman yang harus dihindari, misalnya coklat, kopi, dan soft drink.

3. Pastikan si kecil mendapat cukup asupan sayur dan buah. Sayuran dan buah-buahan menyediakan serat bagi tubuh dan dapat menghindarkan si kecil dari konstipasi. Konstipasi merupakan salah satu penyebab paling umum dari menurunnya kapasitas kandung kemih yang pada akhirnya menyebabkan si kecil mengompol.

4. Terkadang, anak yang mengalami tekanan psikis, kecemasan, atau depresi juga mengompol di malam hari. Para orang tua sebaiknya berhati-hati dan mencari tahu perubahan yang terjadi pada si kecil sehingga gangguan psikis tersebut terjadi.

Baca juga: Mengatasi anak yang susah makan

5. Mengompol biasa terjadi pada balita berusia di bawah 5 tahun dan hal ini bisa berlalu dengan sendirinya ketika si anak tumbuh besar. Bila anak berusia di atas 7 tahun mengompol, sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter. Mengompol pada usia ini bisa disebabkan gangguan koordinasi antara otak dan kandung kemih atau gangguan lain seperti diabetes melitus, infeksi saluran kemih, gangguan pernafasan, dan sebagainya. Penanganan ahli dibutuhkan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Hindari tindakan berikut ini

Ada beberapa hal yang biasanya dilakukan para orang tua untuk mencegah anaknya mengompol, yang ternyata sebaiknya dihindari, yaitu:

1. Beberapa orang tua menghindari memakaikan popok di malam hari karena menganggapnya bisa menghambat toilet training. Sebenarnya, memakai popok di malam hari tidak mempengaruhi perkembangan proses toilet training. Hal ini justru dapat mengurangi stres karena kita tidak harus terus menerus mencuci pakaian dan perlengkapan tidur yang basah oleh pipis.

Baca juga: 6 Langkah meredam sifat agresif anak

2. Jangan menghukum anak karena mengompol karena hal ini tidak menyelesaikan masalah. Menghukum anak karena mengompol akan membuatnya merasa cemas dan malu. Ingatlah bahwa si kecil tidak mengompol dengan sengaja dan tidak bisa mengontrol kondisi ini.

3. Hindari membangunkan si kecil di malam hari untuk ke kamar mandi. Mengosongkan kandung kemih sebelum penuh akan membuat kandung kemih tidak belajar untuk menyesuaikan ukurannya bila produksi urin sedang banyak, terutama di malam hari.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru