09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Tanda saat bayi mengidap gangguan kesehatan akut

KategoriBayi
Di lihat499 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

lima tanda saat si kecil mengalami sakit parah

Dibandingkan ayah bunda, si kecil cenderung lebih rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh serangan kuman penyakit. Hal ini disebabkan sistem kekebalan tubuh mereka masih dalam tahap perkembangan, sehingga terkadang tidak mampu menangal serangan kuman tersebut.

Baca juga: 5 Alternatif permainan outdoor untuk balita

Sebagian dari gangguan kesehatan si kecil dapat berupa penyakit ringan seperti flu dan batuk yang umumnya akan sembuh dengan perawatan ayah bunda dirumah, namun sebagian lain dapat berupa penyakit berat yang harus segera ditangani tenaga medis profesional. Saat ayah bunda mendapati gejala-gejala yang menghawatirkan, sebaiknya segera mendatangi tenaga ahli agar si buah hati mendapatkan pemeriksaan dan penanganan secepatnya.

Gejala sakit akut pada bayi

Berikut adalah tanda-tanda adanya gangguan kesehatan serius pada bayi. Bila salah satu dari gejala ini muncul, segera hubungi dokter.

1. Bayi memuntahkan cairan berwarna kehijauan

2. Bayi mengalami kejang-kejang

3. Bayi berusia kurang dari 6 bulan mengalami demam dengan suhu lebih dari 38°C. Pada bayi berusia kurang dari 6 bulan, demam tinggi berpotensi jauh lebih serius. Demam pada bayi diusia tersebut membutuhkan perhatian medis karena ada kemungkinan si kecil terkena infeksi bakteri yang berbahaya.

4. Bayi berhenti bernafas selama 15 detik (episode apneu)

5. Pada selangkangan bayi terdapat benjolan (gejala hernia)

Gangguan kesehatan pada bayi dan anak-anak dapat berkembang dengan cepat. Karena itu para ayah dan bunda selayaknya waspada dan segera meminta saran dari tenaga medis terpercaya.

Gejala lain yang perlu diwaspadai

Baca juga: 4 Alternatif permainan mengasyikan buat si kecil

Selain gejala-gejala di atas, berikut ini adalah beberapa kondisi si kecil yang juga bisa menandakan adanya gangguan kesehatan serius. Semakin banyak gejala yang muncul menandakan semakin besarnya kemungkinan si kecil menderita sakit. Hubungi dokter bila ayah dan bunda mengetahui lebihn dari satu gejala di bawah ini terjadi pada si buah hati.

  • Pehatian dan konsentrasi berkutang. Bila perhatian bayi terhadap suara dan pergerakan di lingkungan sekitarnya berkurang serta lebih sedikit melakukan kontak mata, mungkin ia sedang tidak sehat.
  • Aktifitasnya berkurang. Bayi yang kurang aktif dan lebih sedikit menggerakkan tangan dan kaki dibanding pada kondisi normal mungkin mengalami gangguan kesehatan. Ia mungkin lebih suka berbaring, dipeluk oleh orang tuanya, dan lebih sedikit terlibat dalam kegiatan yang biasanya ia sukai.
  • Sukar bernafas. Kesulitan bernafas adalah salah satu tanda penting adanya gangguan kesehatan serius. Si kecil mungkin bernafas dengan sangat cepat, atau mendengus di setiap nafasnya. Ia mungkin batuk terus menerus. Pada setiap nafas, mungkin tampak bahwa otot-otot di antara tulang rusuk tersedot, atau mungkin terlihat warna kebiruan di sekitar mulut.
  • Sirkulasi darah tidak lancar. Tandanya, si kecil akan menjadi lebih pucat daripada biasanya, serta kaki dan tangannya menjadi lebih dingin atau bahkan membiru.
  • Selera makan menurun. Bayi minum susu jauh lebih sedikit daripada biasanya. Bila bayi minum ASI, ia akan menghisap lebih lemah dan lebih sebentar daripada biasanya. Pada bayi yang minum susu formula, ia akan minum kurang dari setengah porsi yang biasa ia konsumsi dalam 24 jam.
  • Buang air lebih sedikit. Bila bayi menghasilkan kurang dari 4 popok kotor dalam sehari, mungkin ia sedang mengalami gangguan kesehatan.

Baca juga: 4 Langkah mencegah gigi berlubang pada balita

Yang paling penting, bila ayah dan bunda khawatir akan kesehatan si buah hati, segera hubungi dokter. Tugas dokter bukan hanya melakukan pemeriksaan kesehatan, namun juga meyakinkan ayah dan bunda bahwa si kecil dalam keadaan baik. Karenanya, berkonsultasi dengan dokter seputar kondisi si kecil dapat mengurangi kecemasan para orang tua.

Sebagian besar tenaga kesehatan selalu memiliki waktu untuk menerima para orang tua yang ingin berkonsultasi seputar kesehatan anak, bahkan bersedia menerima pasien gawat darurat 24 jam sehari. Pastikan ayah dan bunda memiliki nomor telepon klinik kesehatan untuk meminta pertolongan di luar jam praktik klinik.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru