09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Tips ampuh mengurangi mual selama masa kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat951 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips jitu cara mengatasi mual muntah saat hamil

Morning sickness yang ditandai dengan sensasi mual dianggap salah satu gejala utama dari kehamilan sebenarnya merupakan pertanda positif bahwa hormon kehamilan dalam tubuh ibu hamil sedang tinggi. Sebenarnya, para ahli belum yakin apa penyebab utama dari morning sickness ini. Akan tetapi, ia seringkali dikaitkan dengan tingginya hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin).

Hormon ini diproduksi pada awal masa kehamilan hingga plasenta telah siap menjalankan tugasnya menyediakan nutrisi bagi janin. Karena itu, gejala morning sickness biasanya mulai hilang pada minggu ke 12 hingga 14 masa kehamilan, ketika plasenta sudah siap dan produksi HCG berhenti.

Baca juga: Demam tinggi vs kerusakan otak si kecil

Penyebab lain mual pada ibu hamil

Gejala mual mirip morning sickness selama kehamilan bisa disebabkan oleh beberapa hal lain sebagai berikut:

  • Gangguan produksi pada zat kimia serotonin yang dihasilkan otak. Serotonin berfungsi menimbulkan perasaan gembira pada manusia.
  • Infeksi pencernaan yang disebut helicobacter pylori.
  • Gangguan pada mekanisme keseimbangan yang terdapat pada bagian dalam telinga. Hal ini biasanya ditandai perasaan mual bila sedang ada di dalam kendaraan atau ketika tubuh bergerak.

Kondisi fisik dan psikis seperti lapar, lelah, cemas, dan stres dapat memperburuk rasa mual yang terjadi pada wanita hamil. Apalagi bila hamil anak kembar, rasa mual dan muntah biasanya lebih parah karena produksi hormon kehamilan lebih tinggi.

Baca juga: Tips menurunkan demam anak secara alami

Cara mengurangi rasa mual selama kehamilan

Rasa mual adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehamilan, terutama saat trimester pertama. Karena itu, tidak ada cara paling efektif untuk mencegahnya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa mual sehingga tidak terlalu menjadi masalah.

1. Usahakan bunda cukup istirahat, kalau perlu ambillah cuti sejenak dari pekerjaan. Kurangi juga pekrjaan-pekerjaan rumah tangga dengan cara meminta bantuan keluarga atau mempekerjakan asisten rumah tangga. Selain kelelahan fisik, stres juga bisa membuat mual semakin parah, karena itu hindarkan bunda dari stres. Bila memiliki kekhawatiran tentang kesehatan janin atau kelahiran, ada baiknya bunda berkonsultasi dengan dokter untuk membuat perasaan dan pikiran lebih tenang.

2. Makanlah dalam porsi kecil namun sering setiap hari. Jangan memaksakan diri makan 3 kali sehari dalam porsi besar bila bunda tidak mampu. Kenali makanan mana yang cocok untuk bunda dan makanan mana yang bisa membuat rasa mual semakin parah karena hal ini bisa berbeda bagi setiap orang.

3. Jangan khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si bayi bila bunda hanya bisa makan makanan tertentu karena mual. Setelah usia kandungan semakin besar dan morning sickness berlalu wanita hamil masih bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang mungkin sekarang belum terpenuhi. Yang terpenting, harus tetap makan walaupun sedikit supaya tetap memperoleh energi. Pilih makanan yang bunda sukai dan tidak membuat bunda merasa mual.

Baca juga: Penyebab bau nafas tak sedap pada anak

4. Usahakan cukup minum. Pilih minuman yang bisa bunda telan tanpa merasa mual, bisa air es, air kelapa, air jahe atau lainnya.

5. Konsumsi makanan yang kaya dengan vitamin B6 atau suplemen vitamin B kompleks. Vitamin B terbukti dapat mengurangi rasa mual, walaupun tidak bisa mencegah muntah. Akan tetapi, pastikan bunda berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin tersebut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru