09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Tips membangun ikatan antara bunda dan si kecil

KategoriBayi
Di lihat1405 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

saran seputar cara membangun kedekatan bunda dan bayi

Saat bunda bertemu dengan si kecil untuk pertama kalinya, selain perasaat bahagia, mungkin ada sedikit perasaah was-was atau khawatir apakah bunda sudah siap mengurus segala keperluan si mungil. Perasaah tersebut wajar karena bayi terlahir tanpa buku manual, artinya ayah bunda harus berusaha memahami sendiri bagaimana mengurus dan membesarkan si buah hati.

Baca juga: Aktifitas untuk mendorong pertumbuhan fisik si kecil

Berita gembiranya adalah, semua bisa dipelajari. Pada dasarnya ayah bunda mempunyai potensi untuk menjadi orang tua karena itu adalah bagian dari naluri sebagai manusia. Yang harus dimiliki adalah presisten dan komitmen untuk menajdi orang tua yang baik.

Berikut adalah beberapa saran bagi ayah bunda dalam membangun ikatan lahir batin dengan si mungil yang baru lahir ke dunia.

1. Nikmati setiap momen kebersamaan. Beberapa saat setelah kelahiran, bunda akan belajar banyak tentang apa yang disukai dan apa yang tidak disukai mereka. Diawal-awal mungkin akan terasa sangat melelahkan karena harus mempersiapkan segala keperluan si kecil, merubah jadwal tidur untuk mengikuti pola tidur si kecil, namun dengan sedikit penyesuaian dan dengan support dari pasangan, pasti semua bisa dilalui dengan lancar.

2. Ajak bicara dan bernyanyi. mereka memang belum mengerti apa yang bunda katakana, dan memang bukan itu poinnya. Si kecil akan merasa nyaman dan rileks saat mendengar intonasi dan suara khas bunda yang telah mereka dengar saat ia masih di dalam rahim.

Baca juga: Fakta seputar suplemen vitamin bagi balita

3. Skin-to skin contact. Saat mereka minum ASI atau saat bunda memeluk dan mencium mereka, momen ini adalah bagian dari membentuk ikatan emosional antara si bayi dan bunda. Mereka memang belum faham konsep hubungan keluarga, namun secara naluriah mereka akan menagkap bahwa siapa yang banyak melakukan kontak fisik dengan nya adalah mereka yang mencintainya.

4. Bercengkrama di udara terbuka. Jika sudah memungkinkan, ajak si kecil untuk meluangkan waktu bersama diluar rumah. Saat sore atau pagi menjelang, bawa si kecil untuk jalan di taman sambil menikmati sinar matahari pagi dan udara segar. Percaya atau tidak, si kecil dapat merasakan emosi bunda, saat bunda merasa rileks dan bahagia, si kecil pun akan merasakan hal serupa.

Baca juga: 9 Cara alami redakan pilek pada balita

5. Just do it. Jangan terlalu dipusingkan dengan aturan-aturan baku seputar cara membangun kedekatan dengan si bayi, lakukan saja apa yang menurut bunda baik untuk dialukan. Mengganti popok, memandikan, meninabobokan, sampai saatnya meyuapi si buah hati adalah bagian dari dari membangun ikatan batin antara bunda dan si kecil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru