09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Tips mengatasi keram pada kaki selama kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat1230 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

mengatasi keram kaki saat hamil

Sebagian ibu hamil mengeluhkan serangan keram dibagian kaki khususnya di trimester ketiga. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Amerika, hampir setengah dari ibu hamil mengalami otot tegang dan keram dibagian kaki terutama diwaktu malam.

Penyebab keram kaki saat hamil

Para ahli menduga keram diakibatkan oleh berat badan ibu hamil yang bertambah cukup signifikan serta terjadinya perubahan sirkulasi darah ke kaki. Saat si janin membesar, bagian rahim akan menekan jaringan syaraf atau pembuluh darah yang mengarah ke bagian kaki, dan sebagai akibatnya keram atau ketegangan pada otot kaki dapat terjadi.

Baca juga: 4 Langkah agar si kecil jadi penurut

Mengatasi keram kaki saat hamil

Untuk meredakan serangan keram atau sakit otot dibagian kaki, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat meringankan serangan keram:

1. Saat bunda hamil beristirahat, posisikan kaki lebih tinggi dari dari badan. Bunda dapat menggunakan bantal untuk menyangga bagian kaki.

2. Olah raga secara teratur. Pilih jenis olah raga yang melibatkan gerakan kaki. Yang paling mudah ialah berjalan santai disekitar rumah saat pagi atau sore hari.

Baca juga: Tips aman saat si kecil di kolam renang

3. Gunakan terapi hangat. Untuk meredakan otot tegang, bunda dapat melakukan terapi hangat. Caranya, masukan air hangat kedalam botol kemudian tempelkan ke daerah yang keram. Jika dirasa terlalu panas, bungkus botol dengan kain.

4. Memijat bagian kaki yang keram dipercaya dapat meredakan tensi ketegangan otot. Ibu hamil dapat menggunakan krim pijat untuk menambahkan rasa hangat didaerah pijatan. Sebagai alternatif, bunda hamil juga dapat menggunakan kaos kaki khusus untuk meredakan keram otot.

5. Jika sakit yang diakibatkan keram cukup mengganggu, ibu hamil disarankan segera menghubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lanjut. Bergantung pada hasil pemeriksaan, mungkin dokter akan merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi jenis suplemen tertentu.

Tips menghindari kram pada kaki

Berikut adalah beberapa tips bagi ibu hamil khususnya mereka yang usia kandunganya memasuki usia trimester ke tiga, agar terhindar dari keram kaki.

Baca juga: Ini dia penyebab si kecil susah makan

  1. Hindari posisi berdiri atau duduk dengan menyilangkan kaki untuk periode yang lama
  2. Lakukan peregangan otot secara berkala saat siang dan menjelang tidur. Gerak-gerakan kaki, lipat lutut, atau ayun-ayunkan kaki kedepan saat duduk diatas kursi.
  3. Lakukan gerak memutar pada pergelangan kaki. Putar ke kanan 3 kali dan kekiri 3 kali. Lakukan sebanyak beberapa kali.
  4. Rutinkan jalan kaki saat pagi atau sore hari, kecuali dokter merarangnya.
  5. Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat, jaga kondisi jangan sampai terlalu cape. Saat tidur atau istirahat, berbaring menyamping dengan anggota gerak sebelah kiri berada dibagian bawah.
  6. Pastikan ibu hamil mendapat asupan cairan yang cukup setiap harinya
  7. Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu merelaksasi otot-otot tubuh termasuk otot pada kaki.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru